Penerapan Kegiatan Muhadasah Yaumiyah Menggunakan Kitab “Buku Pintar Berbahasa Arab” Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Darussalam Al-Akhyar Kudus

Syifa, Hilma Hildatus (2023) Penerapan Kegiatan Muhadasah Yaumiyah Menggunakan Kitab “Buku Pintar Berbahasa Arab” Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Darussalam Al-Akhyar Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan kegiatan muhadasah yaumiyah menggunakan kitab “Buku Pintar Berbahasa Arab” dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab santri pondok pesantren Darussalam Al-Akhyar Kudus, serta faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan muhadasah yaumiyah di pondok pesantren Darussalam Al-Akhyar Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk menganalisis data yang ada. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observsi, dan dokumentasi. Sedangkan dapat dilakukan dengan melaksanakan validasi dan melalui tekhnik triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan muhadasah yaumiyah menggunakan buku pintar berbahasa arab sebagai media pembelajaranya mampu meningkatkan keterampilan berbahasa arab para santri di pondok pesantren Darussalam Al-Akhyar kudus, dengan menggunakan metode langsung (thriqoh al-mubasyaroh) dan metode pengulangan (thoriqoh At Taqlid) sebagai metode pembelajranya. Untuk mengetahui hasil pembelajaran para pendidik melakukan evaluasi secara tertulis dan lisan. Adapun faktor penghambat dalam kegiatan muhadasah yaumiyah ini mencakup motivasi santri untuk belajar Bahasa Arab, tingkat kecerdasan santri, adanya kitab yang dijadikan sebagai media pembelajaran beserta metode pengajaranya, dan terciptanya lingkungan berbahasa arab. Sedangkan faktor penghambatnya adalah malu untuk berbicara bahasa arab dan juga kesusahan dalam menyusun kalimat bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:22
Last Modified: 16 Jun 2023 04:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item