Setiyowati, Sulis (2023) فعالية وسائل القصة المقطوعة على مهارة الكتابة في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية نور السلام مبارك ريمبانج للسنة دراسية 2022/2023 م. بحث العلمي. قسم تعليم اللغة العربية. كلية التربية الجامعة الإسلامية الحكومية بقدس، 2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (839kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (193kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (392kB) |
|
Text
3 Bab I.pdf Download (522kB) |
|
Text
4. Bab II.pdf Download (807kB) |
|
Text
5. Bab III.pdf Download (556kB) |
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (689kB) |
|
Text
7. Bab V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (433kB) |
Abstract
Media strip story merupakan salah satu media yang terbuat dari potongan kertas yang berisi kata-kata atau ungkapan. Disamping murah dan amat mudah untuk dibuat, media strip story ini sederhana dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui nilai rata-rata peserta didik sebelum adanya media strip story terhadap keterampilan menulis pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurussalam Mubarok Rembang (2) Untuk mengetahui nilai rata-rata peserta didik sesudah adanya media strip story terhadap keterampilan menulis pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurussalam Mubarok Rembang (3) Untuk mengukur efektifitas media strip story terhadap keterampilan menulis Bahasa arab peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurussalam Mubarok Rembang Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan test (Pre test dan Post test). Untuk analisis data, menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain, dengan bantuan SPSS 25. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkann tabel output Paired Sample t-Test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pre-test dan post-test yang berarti media strip story memiliki efektifitas dalam meningkatkan keterampilan menulis di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurussalam Mubarok Rembang. Adapun tingkat efektifitas media strip story terhadap keterampilan menulis ini berdasarkan hasil analisis skor NGain adalah 0,50 yang kemudian disesuaikan dengan tabel tingkat keefektifan untuk menghitung skor NGain yang termasuk dalam kelas eksperimen tersebut. Dan hasil yang diterapkan menunjukkan bahwa media strip story termasuk kategori efektif sedang untuk pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan menulis kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Nurussalam Mubarok Rembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media, Keterampilan Menulis, Strip Story | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 02:25 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 02:25 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11048 |
Actions (login required)
View Item |