اختبار شفوي كأداة لتقييم نتائج التعلم في مجال دراسات اللغة العربية في الصف العاشر لطلاب مدرسة االياة هاسمية توبان للسنة الدراسية ٢٠٢٢-٢٠٢٣. بحث علمي, قسم تعليم اللغة العربية, كلية التربية الجامعة الإسلامية الحكومية بقدوس

Basya, Ya’qub Artin (2023) اختبار شفوي كأداة لتقييم نتائج التعلم في مجال دراسات اللغة العربية في الصف العاشر لطلاب مدرسة االياة هاسمية توبان للسنة الدراسية ٢٠٢٢-٢٠٢٣. بحث علمي, قسم تعليم اللغة العربية, كلية التربية الجامعة الإسلامية الحكومية بقدوس. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRA.pdf

Download (570kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (651kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB)

Abstract

Pelaksanaan tes lisan memerlukan waktu yang sangat lama sehingga tidak efisien. Tes lisan mempunyai kelebihan dibandingkan tes tertulis, karena dalam tes lisan guru dapat langsung mengetahui seberapa besar materi yang diserap oleh siswa tersebut. Dari pembahasan peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang bagaimana sebenarnya hasil belajar siswa dengan tes lisan. Skripsi ini membahas tentang Tes lisan sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Bidang Studi Bahasa Arab Pada Kelas X MA Hasyimiyah Tuban. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1.Bagaimana tata pelaksanaan tes lisan sebagai alat penilaian hasil belajar bidang studi Bahasa Arab di kelas X Ma Hasyimiyah Sukolilo Bancar Tuban? 2. Apa saja bentuk tes lisan yang digunakan pada penilaian hasil belajar bidang studi Bahasa Arab kelas X Ma Hasyimiyah Sukolilo Bancar Tuban Tahun ajaran? 3.Bagaimanakah hasil belajar studi Bahasa Arab kelas X Ma Hasyimiyah Tahun melalui tes lisan?. Penelitian kualitatif jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penelitian lapangan (field research) adalah bentuk penelitian yang bertujuan mengungkapkan makna yang diberikan oleh anggota masyarakat pada perilakunya dan kenyataan sekitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek penelitian yaitu evaluasi pembelajaran menggunakan tes lisan dengan obje penelitian kelas X Madrasah Aliyah Fokus penelitian ini yaitu Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi yang dilakukan di MA Hasyimiyah Sukolilo Kecamatan bancar kabupaten Tuban Jawa Timur, wawancara bersama Guru Mata pelajaran bahasa Arab MA Hasyimiyah, dan dokumentasi yaitu foto-foto dan dokumen yang ada di lapangan yaitu MA Hasyimiyah Sukolilo bancar Tuban. Adapun hasil dari observasi tentang pelaksanaan tes lisan yaitu guru/memberikan sebuah pertanyaan kepada peserta didik atau testee diawali dengan sebuah pertanyaan yang cukup mudah sesuai materi yang sudah diajarkan sebelumnya kemudian pertanyaan yang cukup susah kemudian ditutup dengan pertanyaan yang paling mudah. Hasil data yang diperoleh yaitu Tujuan diadakannya tes lisan di MA Hasyimiyah Tuban adalah untuk mengetahui penguasaan peserta didik tentang pemahaman mengenai fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang berkaitan dengan mata pelajaran PBA. Selain itu bertujuan melatih peserta didik dalam mempertanggung jawabkan pendapat atau konsep yang dikemukakan, sehingga anak benar-benar menguasai materi yang disampaikan. Dari hasil diatas dalat kita ketahui bahwa menggunakan tes lisan sebagai alat penilaian dalam mata pelajaran bahasa arab, dari hasil itu dapat disimpulkan bahwasanya tes lisan di MA hasyimiyah dikatakan sudah sangat baik dan sudah diterapkan hal ini dapat dilihat dari capaian para peserta didik dan efesiensi dalam pelaksaan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tes Lisan, Penilaian, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:53
Last Modified: 22 Oct 2023 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item