تطبيق مهارة الكالم لبيئة اللغوية يف املعهد األقصى احلديث لتحفيظ القرآن بقدس للسنة الدراسية /2022 2023 م

Hudaya, Muhammad Zidan (2023) تطبيق مهارة الكالم لبيئة اللغوية يف املعهد األقصى احلديث لتحفيظ القرآن بقدس للسنة الدراسية /2022 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (479kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara akan maksimal apabila didukung dengan adanya Biah Lughowiyah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana penerapan keterampilan berbicara untuk lingkungan bahasa di Pondok Tahfidz Modern Al Aqsho Kudus; (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan keterampilan berbicara untuk lingkungan bahasa untuk keterampilan berbicara di Pondok Tahfidz Modern Al Aqsho Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini sesuai dengan teori Miles and Huberman yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan keterampilan berbicara untuk lingkungan bahasa di Pondok Tahfidz Modern Al Aqsho Kudus menggunakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang keterampilan berbicara seperti Muhadharah, Muhadatsah, Pemberian Kosakata, Drama, dan Hari Bahasa dalam kesehariannya; (2) Dalam penerapan lingkungan bahasa terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah Kebijakan pengasuh, adanya tenaga pendidik yang kompeten, adanya Reward and Punishment, dan Banyaknya antusiasme santri dalam menggunakan bahasa Arab. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri yang merasa malu dan takut salah ketika berbicara Bahasa Arab dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa, dan Keterampilan Berbicara
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 08:16
Last Modified: 22 Oct 2023 08:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11371

Actions (login required)

View Item View Item