تحليل األخطاء الصوتية والنحوية في قراءة النص العربي لدى الطالب في الفصل الثامن بمدرسة الهداية اإلسالمية المتوسطة التابعة لجمعية نهضة العلماء قدس للسنة الدراسية

Rozaq, Abdul (2023) تحليل األخطاء الصوتية والنحوية في قراءة النص العربي لدى الطالب في الفصل الثامن بمدرسة الهداية اإلسالمية المتوسطة التابعة لجمعية نهضة العلماء قدس للسنة الدراسية. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (595kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (520kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (904kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (528kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB)

Abstract

Menemukan kesalahan fonologi dan sintaksis dalam membaca teks Arab di MTs NU Al Hidayah menjadi dasar tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui bentuk kesalahan fonologi dan sintaksis dalam membaca teks Arab siswa di MTs NU Al Hidayah. 2) Mengetahui sebabsebab kesalahan fonologi dan sintaksis dalam membaca teks Arab siswa di MTs NU Al Hidayah. 3) Mengetahui solusi atau usaha yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan fonologi dan sintaksis dalam membaca teks Arab siswa di MTs NU Al Hidayah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field reasearch (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di MTs NU Al Hidayah. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan referensi, dan tanya kawan sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesalahan fonologi membaca teks Arab terletak pada pengucapan huruf Kaf, ‘Ain, Dzal, Dlod, Tsa’, dan Syin. Sedangkan kesalahan sintaksis membaca teks Arab terdapat pada i’rob jumlah ismiyyah, idhofah, majrur bi az zhorfiyyah, naat man’ut, jumlah fi’liyyah nashob, dan isimnya inna. 2) Sebab kesalahan fonologi dan sintaksis membaca teks Arab dilakukan karena kurangnya perhatian dan pembiasaan dalam mengucapkan huruf secara benar, kurang membaca al Qur’an, merasa kesulitan mengucapkan huruf hijaiyyah dengan tepat sesuai makhroj huruf, pengaruh bahasa ibu dan lingkungan, kurangnya kosakata yang dihafalkan, dan merasa kesulitan memahami dan menerapkan kaidah nahwiyyah. 3) Solusi atau usaha mengurangi kesalahan fonologi dan sintaksis membaca teks Arab diantarnya, yaitu: guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan perhatian khusus pada siswa yang masih banyak melakukan kesalahan, motivasi terus belajar bahasa Arab, memberikan reward pada siswa berprestasi, melengkapi fasilitas pembelajaran bahasa Arab, workshop/pelatihan guru bahasa Arab, dan penambahan mata pelajaran pendukung pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMunajat, FuadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Fonologi, Sintaksis, Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:54
Last Modified: 10 Nov 2023 03:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item