فعالية الوسائل التعليمية أفلام الرسوم المتحركة العربية لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الفصل الثامن من المدرسة المتوسطة الإسلامية مفتاح الهدى سارانج رمبانج للعام الدراسي 2022 / 2023

Ro’ichah, Siti Nur (2023) فعالية الوسائل التعليمية أفلام الرسوم المتحركة العربية لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الفصل الثامن من المدرسة المتوسطة الإسلامية مفتاح الهدى سارانج رمبانج للعام الدراسي 2022 / 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (618kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (862kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (709kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab seharusnya bukan sekedar penyampaian materi yang banyak tetapi penguasaan ketrampilan berbahasa, khususnya ketrampilan mendengar. Pemilihan media yang tepat juga menjadi salah satu daya tarik bagi siswa. Media yang relevan adalah menggunakan alat bantu audio visual berupa film animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual film animasi pada peningkatan ketrampilan menyimak siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Sarang Rembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu Quasi Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Berupa tes (pre test dan post test). Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain Score. Berdasarkan analisis yang dilakukan dilihat dari uji-t menggunakan data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai ρ (sig. 2-tailed) = 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi sig α = 0,05 (0,000 < 0,05) dan t-hitung (6,740) > t-tabel (2,018). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. peneliti juga melakukan perbandingan nilai menggunakan uji N-Gain score dengan nilai 0,68, yang dimana 0,68 berada pada interval 0,3 < g <0,7 yang berarti kategori yang di peroleh bernilai sedang. Sedangkan pada N-Gain Persen memperoleh nilai 68,15 yang berarti keefektifan nya cukup. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media film animasi bahasa arab cukup efektif dalam meningkatkan ketrampilan mendengar pada siswa kelas VIII mts miftahul huda sarang rembang tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Film Animasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Ketrampilan Mendengar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:37
Last Modified: 31 Jul 2024 01:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item