Mubarok, Iqbal (2023) تنفيذ تقييم حقيقي في تعليم اللغة العربية في الفصل الحادي عشر باالمدرسة الثانوية الإسلامية نهضة العلماء الهداية كبوك قدس سنة دراسية 2023/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (463kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (551kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (804kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (602kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (820kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (497kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
Abstract
Pelaksanaan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 belum sepenuhnya optimal dilakukan oleh guru, dimana penilaian pembelajaran dilakukan dari kesiapan, proses, dan hasil belajar peserta didik secara utuh yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MA NU AL Hidayah Gebog Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah, (a) mengetahui implementasi guru dalam penilaian autentik, (b) mengetahui hambatan guru dalam implementasi penilaian autentik, (c) mengetahui solusi guru dalam implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran Bahasa Arab. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. uji keabsahan data mengguanakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Responden dalam penelitian ini meliputi: wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bahasa Arab, dan peserta didik. Hasil penelitian bahwa (a) Penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA NU AL Hidayah sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 yang telah direvisi pada tahun 2016. Pertama persiapan penilaian autentik yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Arab pada kompetensi pengetahuan yaitu guru mempersiapan indikator penilaian, menjabarkan indikator telah dibuat atau RPP, membuat kisi-kisi, membuat soal, kunci jawaban, menentukan sistem penilaian, menyiapkan daftar hadir ujian dan penilaian, melakukan evaluasi pembelajaran materi yang akan dinilai, dan mentukan waktu pelaksanaan penilaian. Kedua pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Arab pada kompetensi pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan, untuk kompetensi sikap menggunakan observasi, dan kompetensi keterampilan menggunakan portofolio dan proyek kinerja. Ketiga pelaporan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Arab, dilakukan guru pada penilaian kompetensi pengetahuan, dan keterampilan dalam bentuk nilai dengan KKM yang sudah disepakati. (b) Hambatan, Pertama terkait guru adalah alokasi waktu yang kurang mencukupi serta kamauan dan kemampuan guru. Kedua terkait siswa adalah latar belakang yang berbeda, kejujuran serta kepercayaan diri siswa. (c) Solusi, Pertama terkait guru yaitu dengan berdiskusi sesama guru, meningkatkan kecermatan dalam penilaian autentik, serta mengikuti pelatihan pelatihan terkait dengan penilaian autentik, Kedua terkait siswa yaitu memberikan bimbingan dan nasehat akan pentingnya sikap jujur dan mandiri dalam mengerjakan tugas, serta guru menanamkan kepada siswa bahwa senantiasa Allah SWT selalu mengawasi perbuatan Hambanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:43 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12076 |
Actions (login required)
View Item |