Akhmadi, Nur (2023) تعليم القواعد النحوية والصرفية في المدرسة المتوسطة الإسلامية المحمدية المنار ديماك للسنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (849kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (675kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (536kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (653kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (568kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (626kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (528kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
Abstract
Ada dua ilmu penting yang harus dipelajari dalam bahasa Arab yaitu Nahwu dan Shorof, Baik Nahwu dan Shorof memegang posisi penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menemukan beberapa masalah di MTs Muhammadiyah Al Manar Demak yaitu kurang efektif dan maksimalnya pengajaran Nahwu dan Shorof di sekolah tersebut.Dalam hal ini, penulis bermaksud melakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan shorfiyah di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Al Manar Demak Tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1)Untuk menggambarkan Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Al Manar Demak. 2)Untuk mengetahui tantangan guru dalam Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan shorfiyah di Madrasah Tsanawaiyah Muhammadiyah Al Manar Demak. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan metode induktif, yaitu pengambilan hasil data penelitian dari khusus ke umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Al Manar Demak dengan materi pembelajaran, tingkatan kelas, tujuan Pembelajaran, karakteristik siswa, dan dikaitkan dengan KD dan KI. Penerapan metode Nahwiyah dan Shorfiyah Pada Kitab Bahasa Arab adalah metode tidak langsung dan langsung. Tingkatan Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah Pada tingkatan kelas, yaitu kelas VII, VIII dan IX. Materi Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah Pada Kitab Bahasa Arab adalah Jumlah Ismiyah, Jumlah Fi’liiyah, Fiil Madhi dan Fiil Mudhori’. Pembelajaran dalam Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah Pada Kitab Bahasa Arab adalah dengan memberikan bacaan tanpa harokat dan siswa membaca di depan kelas. 2) Tantangan guru dalam pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah adalah : a. Kurangnya kemampuan siswa dalam pengetahuan struktur bahasa arab. b. Adanya hambatan dalam berbicara bahasa arab. c.Tidak adanya lingkungan bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan shorfiyah | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:50 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12520 |
Actions (login required)
View Item |