تعليم القواعد النحوية والصرفية في المدرسة المتوسطة الإسلامية المحمدية المنار ديماك للسنة الدراسية 2022/2023

Akhmadi, Nur (2023) تعليم القواعد النحوية والصرفية في المدرسة المتوسطة الإسلامية المحمدية المنار ديماك للسنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (675kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (626kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (528kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Ada dua ilmu penting yang harus dipelajari dalam bahasa Arab yaitu Nahwu dan Shorof, Baik Nahwu dan Shorof memegang posisi penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menemukan beberapa masalah di ‎MTs Muhammadiyah Al Manar Demak yaitu kurang efektif dan maksimalnya pengajaran Nahwu dan ‎Shorof di sekolah tersebut.‎Dalam hal ini, penulis bermaksud melakukan penelitian ‎dengan judul Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan shorfiyah di Madrasah Tsanawiyah ‎Muhammadiyah Al Manar Demak Tahun pelajaran 2022/2023.‎ Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1)Untuk menggambarkan Pembelajaran ‎Nahwu dan Shorof di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Al Manar Demak. 2)Untuk mengetahui ‎tantangan guru dalam Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan shorfiyah di Madrasah Tsanawaiyah ‎Muhammadiyah Al Manar Demak. Pendekatan dalam penelitian ini adalah ‎kualitatif dengan desain penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan ‎observasi partisipan,‎ wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun ‎analisis data dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan metode induktif, yaitu ‎pengambilan hasil data penelitian dari khusus ke umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran ‎Nahwu dan Shorof di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Al Manar Demak ‎dengan materi pembelajaran,‎ tingkatan kelas, tujuan Pembelajaran, karakteristik siswa, dan ‎dikaitkan dengan KD dan KI. Penerapan metode Nahwiyah dan ‎Shorfiyah Pada Kitab Bahasa Arab adalah metode tidak langsung dan ‎langsung. Tingkatan Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah Pada tingkatan kelas, yaitu kelas VII, VIII dan IX. Materi ‎Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah Pada Kitab Bahasa Arab ‎adalah Jumlah Ismiyah, Jumlah Fi’liiyah, Fiil Madhi dan Fiil Mudhori’. Pembelajaran dalam ‎Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah Pada Kitab Bahasa Arab adalah dengan ‎memberikan bacaan tanpa harokat dan siswa membaca di depan kelas. 2) Tantangan guru dalam pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan Shorfiyah adalah : a. Kurangnya kemampuan siswa dalam pengetahuan struktur bahasa arab. b. Adanya hambatan dalam berbicara bahasa arab. c.Tidak adanya lingkungan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Qowaid Nahwiyah dan shorfiyah
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:50
Last Modified: 11 Nov 2024 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item View Item