تطبيق دراسة معاني الأفعال المزيدة في سورة يٰسۤ بالمدرسة الثانوية الإسلامية نهضة العلماء روضة الطالبين سيداموليا جكولو قدس سنة 2022-2023

Nashiruddin, Muhammad Hamdan Adib (2023) تطبيق دراسة معاني الأفعال المزيدة في سورة يٰسۤ بالمدرسة الثانوية الإسلامية نهضة العلماء روضة الطالبين سيداموليا جكولو قدس سنة 2022-2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (732kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan makna-makna Fi’il Mazid dalam Surah Yasin di Madrasah Aliyah NU Roudlotut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun 2022-2023 serta untuk mengetahui pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran didalam madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan tiga macam analisis: analisis pustaka, analisis deskriptif, dan analisis edukasi. Adapun sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah NU Roudlotut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun 2022-2023. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa makna-makna Fi’il Mazid yang ditemukan oleh peneliti dalam Surah Yasin dari Fi’il Ruba’i: dari wazan fa‘‘ala ada empat yaitu ta‘diyah, ṣairūrah, musyārakah, dan nisbah, dari wazan af‘ala ada dua yaitu ta‘diyah dan ṣairūrah; Makna-makna Fi’l Mazid dari Fi’il Khumasi: dari wazan infa‘ala ada satu yaitu muṫāwa‘ah, dan dari wazan ifta‘ala ada tiga yaitu muṫāwa‘ah, musyārakah, dan wurūd al-ma‘nā al-dzātiy; Makna-makna Fi’I Mazid dari Fi’il Sudasi: dari wazan istaf‘ala ada dua yaitu istiḣqār dan al-ma‘nā al-mujarrad. Kemudian hasil studi ini diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa-siswi kelas XI di Madrasah Aliyah NU Roudlotut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun 2022-2023 dalam bentuk bahan ajar yang memuat pembahasan tentang macam-macam Fi’I Mazid dan makna-maknanya kemudian disusul dengan latihan-latihan. Dari penerapan tersebut, peneliti menemukan berbagai hal yang mendukung kesuksesan pembelajaran dan berbagai hal yang menghambat yang harus dicarikan solusinya bagi setiap guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran, Makna-makna Fi’il
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:21
Last Modified: 12 Nov 2024 07:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item