Nashiruddin, Muhammad Hamdan Adib (2023) تطبيق دراسة معاني الأفعال المزيدة في سورة يٰسۤ بالمدرسة الثانوية الإسلامية نهضة العلماء روضة الطالبين سيداموليا جكولو قدس سنة 2022-2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (635kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (448kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (732kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (507kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (864kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (471kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan makna-makna Fi’il Mazid dalam Surah Yasin di Madrasah Aliyah NU Roudlotut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun 2022-2023 serta untuk mengetahui pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran didalam madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan tiga macam analisis: analisis pustaka, analisis deskriptif, dan analisis edukasi. Adapun sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah NU Roudlotut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun 2022-2023. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa makna-makna Fi’il Mazid yang ditemukan oleh peneliti dalam Surah Yasin dari Fi’il Ruba’i: dari wazan fa‘‘ala ada empat yaitu ta‘diyah, ṣairūrah, musyārakah, dan nisbah, dari wazan af‘ala ada dua yaitu ta‘diyah dan ṣairūrah; Makna-makna Fi’l Mazid dari Fi’il Khumasi: dari wazan infa‘ala ada satu yaitu muṫāwa‘ah, dan dari wazan ifta‘ala ada tiga yaitu muṫāwa‘ah, musyārakah, dan wurūd al-ma‘nā al-dzātiy; Makna-makna Fi’I Mazid dari Fi’il Sudasi: dari wazan istaf‘ala ada dua yaitu istiḣqār dan al-ma‘nā al-mujarrad. Kemudian hasil studi ini diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa-siswi kelas XI di Madrasah Aliyah NU Roudlotut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun 2022-2023 dalam bentuk bahan ajar yang memuat pembahasan tentang macam-macam Fi’I Mazid dan makna-maknanya kemudian disusul dengan latihan-latihan. Dari penerapan tersebut, peneliti menemukan berbagai hal yang mendukung kesuksesan pembelajaran dan berbagai hal yang menghambat yang harus dicarikan solusinya bagi setiap guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Pembelajaran, Makna-makna Fi’il | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:21 | ||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12541 |
Actions (login required)
View Item |