Nurjanah, Aida (2023) العلاقة بين درجات الذكاء ونتائج تعلم الطلاب في تعليم اللغة العربية الفصل العاشر المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 2 سمارانج للسنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (819kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (848kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui adakah hubungan antara skor IQ dengan hasil belajar bahasa Arab pada peserta didik. Kecerdasan intelektual (IQ) adalah kemampuan seseorang untuk berfikir secara abstrak dan bertindak secara terarah untuk mengatasi dan memecahkan masalah. Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan, meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Issac and Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan tes serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Pearson Product Moment, yang digunakan untuk mengetahui adakah hubungan antara skor IQ dengan hasil belajar bahasa Arab pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang. Berdasarkan hasil uji Pearson Product Moment, didapatkan nilai signifikansi 0.001. Maka dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05. Dan didapatkan koefisien korelasi 0.350, dapat dikatakan bahwa skor IQ dan hasil belajar memiliki korelasi dengan kategori korelasi rendah dan bernilai positif, hal ini berarti bahwa adanya hubungan antara skor IQ dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kecerdasan Intelektual (IQ) | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:02 | ||||||
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12628 |
Actions (login required)
View Item |