Fatin, Ikfina Hilmaya (2023) تأثير الخلفية التعليمية على إنجازات تعلم اللغة العربية لطلاب الفصل العاشربالمدرسة الثانوية الإسلامية مزرعة الهدى كرانغ انيار للسنة الدراسية 2022\2023م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (720kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (597kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (459kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (579kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (684kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (637kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (654kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (506kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang latar belakang pendidikan yang memiliki pengaruh dalam prestasi belajar bahasa arab siswa kelas X dan mengungkapkan bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Mazro’atul Huda Karanganyar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah tervalidasi dan hasil nilai rapot Bahasa Arab pada semester akhir. Dalam penelitian mengambil populasi siswa kelas X. Adapun teknik sampel yang digunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel diambil menggunakan penialian peneliti sendiri dengan pertimbangan tertentu. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Variabel Dummy dengan melihat pengaruhnya melelui uji f dan determinasi. Hasil dari penelitian ini,menunjukkan bahwa 1) latar belakang pendidikan siswa kelas X IPA 1 sebagian besar lulusan MTs yang mana mereka telah memepelajari materi Bahasa Arab daripada lulusan SMP dengan presentase 72,2 % (26 Siswa) dan lulusan SMP sebanyak 27,2 % (10 Siswa). 2) Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar, dari rata-rata Nilai Bahasa Arab Siswa yang dari MTs lumayan tinggi dengan rata-rata Nilai 84,92, Sedangkan Rata-rata Nilai Bahasa Arab Siswa yang dari SMP adalah 76,10. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa kalas X IPA 1 Madrasah Aliyah Mazro’atul Huda Karanganyar tahun pelajaran 2022/2023, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji F diketahui bahwa nilai sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tolak Ho. Nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa MTs dengan siswa SMP. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Mazro’atul Huda Karanganyar tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab,Latar Belakang Pendidikan, Prestasi Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:46 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12641 |
Actions (login required)
View Item |