Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Demak Tahun Ajaran 2022-2023

Fuadah, Latifatul (2023) Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Demak Tahun Ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (725kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (627kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (568kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan bentuk-bentuk kesalahan fonetik dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab (maharah qiro’ah) siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Demak, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisir kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis terhadap kesalahan membaca. Pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan fonologi siswa yang sering terjadi pada keterampilan membaca teks bahasa Arab adalah pada suara lisan seperti ( ع ش ص ظ خ ث ذ ز ) sedangkan untuk suara leyupan ada pada (ط ض ق ). Faktor-faktor penyebab kesalahan membaca pada siswa adalah pertama, angapan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit dipelajari; kedua, faktor kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab; ketiga, sarana dan prasarana yang kurang memadai keempat, faktor bahasa ibu dan lingkungan. Upaya yang telah dilakukan guru untuk meminimalisir kesalahan adalah pertama, menciptakan pembelajaran yang serius dan menyenangkan, kedua, memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang mampu dalam membaca teks bahasa Arab dengan mengadakan progam BTA (Baca Tulis Al Qur’an).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, fonologi, keterampilan membaca
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2024 08:03
Last Modified: 22 Nov 2024 08:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item