إستراتيجية القراءة النقدية في تعليم اللغة العربية بمدرسة دار الحكام المتوسطة الإسلامية قدس للسنة الدراسية ٢۰٢٣- ٢۰٢٤ م

Fitriyani, Siyam (2024) إستراتيجية القراءة النقدية في تعليم اللغة العربية بمدرسة دار الحكام المتوسطة الإسلامية قدس للسنة الدراسية ٢۰٢٣- ٢۰٢٤ م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (817kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (393kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (622kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (444kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB)

Abstract

Strategi critical reading lazimnya digunakan pada saat pembelajaran yang membutuhkan pemahaman. Peneliti mengembangkan strategi critical reading dalam pembelajaran bahasa arab. Tujuan penelitian: 1. untuk mengetahui strategi membaca kritis yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab, 2. untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung strategi critical reading pembelajaran bahasa arab di MTs Darul hikam kudus . Penelitian ini, merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan subjek penelitiannya adalah guru bahasa arab dan peserta didik kelas 9 dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) bahwa strategi yang diterapkan guru pada mata pelajaran bahasa arab ini dapat membantu siswa untuk memahami terkait teks berbahasa arab dengan strategi critical reading (membaca kritis). Guru pada saat pembelajaran menggunakan metode langsung dan evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif (umpan balik antara peserta didik dan guru dalam memperbaiki kesalahan pada materi yang sudah diajarkan). 2) adapun faktor pendukung dan penghambat strategi critical reading dalam pembelajaran bahasa arab di mts darul hikam undaan kudus. Faktor pendukung ada: (a) metode yang digunakan guru pada saat mengajar menarik, (b) banyaknya pengetahuan kosakata peserta didik. Sedangkan faktor penghambat ada: (a) fasilitas sekolah yang kurang mendukung, (b) penempatan jam pelajaran yang tidak tepat, (c) latar belakang peserta didik, (d) teks bahasa arab yang kurang bervariasi, dan (e) kurangnya skill guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:59
Last Modified: 08 Jan 2025 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item