فعالية استخدام طريقة لعبة الكوكامي في تعليم اللغة العربية على إتقان المفردات لدى طلاب الصف الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الهدى عاوين بالورا السنة الدراسيّة 2022/ 2023 م

Niswatin, Zulva (2024) فعالية استخدام طريقة لعبة الكوكامي في تعليم اللغة العربية على إتقان المفردات لدى طلاب الصف الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الهدى عاوين بالورا السنة الدراسيّة 2022/ 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (727kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (865kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kokami terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuantitatif nonequivalent posttest-only control group design. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode soal test dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ngawen Blora. Cara pengambilan sampelnya dengan teknik Non probability sampling. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kokami dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan, karena salah satu unsur yang menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran adalah menggunakan metode yang tepat. Penelitian ini menggunakan hasil analisis regresi linier dengan pengujian Hipotesis membandingkannilai Sig dengan 0,05 diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,003 lebih kecil dari (<) probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh” Permainan Kokami (X) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Y) Bagi siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Ngawen Blora tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dengan menggunakan bantuan SPSS diperoleh hasil presentase variabel permainan kokamu terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab sebesar 29,8% sedangkan 70,2% penguasaan kosakata bahasa Arab dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Kokami, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:49
Last Modified: 08 Jan 2025 03:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item