Niswatin, Zulva (2024) فعالية استخدام طريقة لعبة الكوكامي في تعليم اللغة العربية على إتقان المفردات لدى طلاب الصف الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الهدى عاوين بالورا السنة الدراسيّة 2022/ 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (727kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (865kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kokami terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuantitatif nonequivalent posttest-only control group design. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode soal test dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ngawen Blora. Cara pengambilan sampelnya dengan teknik Non probability sampling. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kokami dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan, karena salah satu unsur yang menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran adalah menggunakan metode yang tepat. Penelitian ini menggunakan hasil analisis regresi linier dengan pengujian Hipotesis membandingkannilai Sig dengan 0,05 diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,003 lebih kecil dari (<) probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh” Permainan Kokami (X) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Y) Bagi siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Ngawen Blora tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dengan menggunakan bantuan SPSS diperoleh hasil presentase variabel permainan kokamu terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab sebesar 29,8% sedangkan 70,2% penguasaan kosakata bahasa Arab dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Kokami, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2025 03:49 | ||||||
Last Modified: | 08 Jan 2025 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13145 |
Actions (login required)
View Item |