فعالية تقمص لعبة الأدوار لترقة مهارة الكلام لدى طلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإرشاد، غاجاه- ديماك للسنة الدراسية ٢٠٢٣/٢٠٢٤

Hasanah, Nidaul (2024) فعالية تقمص لعبة الأدوار لترقة مهارة الكلام لدى طلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإرشاد، غاجاه- ديماك للسنة الدراسية ٢٠٢٣/٢٠٢٤. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (395kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (480kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (826kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (634kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (840kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (405kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (577kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode role playing pada mata pelajaran bahasa arab kelas XI Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah-Demak tahun ajaran 2023/2024, dan sejauh mana efektivitas metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah-Demak tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Untuk menjawab permasalahan pokok penelitian ini, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain pretest dan posttest untuk satu kelompok (one group pretest-posttest design). Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-IBB Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah-Demak tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis melalui tahap-tahap analisis data, yaitu penyuntingan, pencatatan, tabulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, siswa yang mencapai keberhasilan pada pretest sebanyak 23 siswa atau setara dengan 62,16%, dan setelah dilaksanakan metode role playing berdasarkan hasil postest sebanyak 33 siswa mencapai keberhasilan atau setara dengan 89,19%. Kedua, penggunaan metode role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan peningkatan tersebut dapat diamati dengan meningkatkan keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah penerapan metode role playing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDIn'ami, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:40
Last Modified: 10 Oct 2025 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14834

Actions (login required)

View Item View Item