Hasanah, Nidaul (2024) فعالية تقمص لعبة الأدوار لترقة مهارة الكلام لدى طلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإرشاد، غاجاه- ديماك للسنة الدراسية ٢٠٢٣/٢٠٢٤. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (581kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (840kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (577kB) |
Abstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode role playing pada mata pelajaran bahasa arab kelas XI Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah-Demak tahun ajaran 2023/2024, dan sejauh mana efektivitas metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah-Demak tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Untuk menjawab permasalahan pokok penelitian ini, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain pretest dan posttest untuk satu kelompok (one group pretest-posttest design). Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-IBB Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah-Demak tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis melalui tahap-tahap analisis data, yaitu penyuntingan, pencatatan, tabulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, siswa yang mencapai keberhasilan pada pretest sebanyak 23 siswa atau setara dengan 62,16%, dan setelah dilaksanakan metode role playing berdasarkan hasil postest sebanyak 33 siswa mencapai keberhasilan atau setara dengan 89,19%. Kedua, penggunaan metode role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan peningkatan tersebut dapat diamati dengan meningkatkan keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah penerapan metode role playing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:40 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |