Naimah, Millatun (2020) Fa'aaliyatu istikhdaami lu'bah bi thoqoti qoimatil mubaaroti litarqiyatistii'aabil mufrodaat fii ta'limil lughotil 'arobiyati lada thullaab alfashlus saabi'a bil madrosatil mutawashithotil islaamiyati miftahul Huda Sumberrejo Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2018/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (892kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (741kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (643kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (759kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (850kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (720kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Arab lebih dominan menggunakan model konvensional yang biasanya dilakukan dengan metode ceramah dan menghafal kosakata. Yang membuat pembelajaran lebih monoton dikarenakan kurang kreatifnya guru dalam menggunakan strategi pembelajaran. Hal ini yang membuat siswa mudah bosan dan kurangnya minat belajar. Oleh karena itu, peneliti menerapkan permainan pembelajaran yang aktif dan kreatif dengan menggunakan permainan Index Card Match di kelas VII MTs. Miftahul Huda Sumberrejo Donorojo Jepara. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan pembelajaran Index Card Match, (2) untuk mengetahui penguasaan siswa setelah menggunakan permainan Index Card Match, (3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan permaianan Index Card Match untuk meningkatkan penguasaan kosakata dalam pembelajaran Bahasa arab pada siswa kelas VII di MTs. Miftahul Huda Sumberrejo Donorojo Jepara. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian Kuantitatif, jenis Eksperimen desain Pre-Eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 siswa . Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 21 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata siswa sebelum penggunaan permainan Index Card Match adalah 55,90. (2) hasil nilai rata-rata siswa setelah penggunaan permainan Index Card Match adalah 80,66. (3) Nilai to (t hitung)= 7,07 dan t table pada taraf signifikansi 1% dan 5% adalah 2,423 dan 1,683. Dengan demikian to > ttabel, maka artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dan ini menunjukkan bahwa Ada keefektifan penggunaan permaianan Index Card Match untuk meningkatkan penguasaan kosakata dalam pembelajaran Bahasa arab Siswa Kelas VII MTs. Miftahul Huda Sumberrejo Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan pembelajaran, Index Card Match, Penguasaan kosakata bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 02:49 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 02:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3705 |
Actions (login required)
View Item |