Ridwan, Akhmad Bai’atur (2020) Tahlilu tatbiq at thoriqoh al muhadatsah al lughoh al arabiyah li isti'abu maharatil kalam ladza tullab bi ma'had al madrasah al mutawasitoh al islamiyah al hukumiyah ula bi mutaadadu llughot. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER-KATA PENGNATAR.pdf Download (928kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (866kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (685kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (786kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (720kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (967kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (443kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode muhadatsah dalam meningkatkan maharah kalam atau kemampuan berbicara siswa, faktor pendukungnya, faktor penghambatnya serta penerapan muhadatsah bagi siswa di boarding school az Zahra MTs Negri 1 Pati. 2019 /2020 M. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Dengan subjek adalah ustadz, ustadzah, kepala boarding school, dan siswa. Dan yang menjadi informan adalah ustadz, ustadzah, kepala boarding school, dan siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik triangulasi data dan sumber rujukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Muhadatsah merupakan jenis kegiatan pendukung untuk berbahasa di boarding school az Zahra MTs Negri 1 Pati, di dalamnya siswa berbicara dan bercakap-cakap dengan temannya. Kegiatan tersebut termasuk kegiatan berbahasa yang berpasangan serta bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Teknik penerapannya adalah dengan membentuk santri menjadi berpasang pasangan kemudian mereka berjejer memanjang, sebelumnya siswa sudah dibekali dengan menghafal kosa kata setiap malam. kemudian ustadz memberikan tugas kepada mereka, serta mereka wajib menyampaikan dan mempresentasikan tugas mereka di depan teman-temannya. Faktor pendukung dalam penerapan Muhadatsah termasuk faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internalnya adalah dorongan siswa untuk belajar bahasa Arab, dan tingkat kecerdasan siswa. Serta faktor eksternalnya adalah adanya buku rujukan serta tekniknya. Sedangkan faktor penghambatnya tergolong dalam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah kurangnya kecintaan bahasa santri serta lemahnya kesehatan santri. Serta faktor eksternalnya adalah belum adanya jumlah pengajar bahasa Arab yang mencukupi, sulitnya membentuk lingkungan bahasa, sarana prasarana pembelajaran yang terbatas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode muhadatsah, kemampuan berbicara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 02:32 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 02:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4699 |
Actions (login required)
View Item |