Thatbiq Thariqah al Gina fi Ta'lim al Lughah al Arabiyyah fi al Shof al Awwal bi Madrasah Bahrul Ulumi al Diniyyah bi Purworejo Kaliori Rembang 2019/2020

Rouf, Abdur (2021) Thatbiq Thariqah al Gina fi Ta'lim al Lughah al Arabiyyah fi al Shof al Awwal bi Madrasah Bahrul Ulumi al Diniyyah bi Purworejo Kaliori Rembang 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (546kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (610kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (867kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (493kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada penggunaan metode bernyanyi yang telah lama digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas satu di Madrasah Diniyah Bahrul Ulum, Purworejo, Kaliori, Rembang. Adapun pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan di sekolah ini, guru hanya menggunakan metode menyanyi saja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab 2) Untuk mengetahui efektifitas metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini: 1) Metode bernyanyi diterapkan pada di kegiatan inti, yaitu guru membacakan materi dan para siswa mengikuti, kemudian guru menyanyikan materi dan para siswa mengikuti apa yang dinyanyikan oleh guru. 2) Penerapan metode bernyanyi ini efektif dalam pembelajaran bahasa Arab dengan berdasarkan indikator efektivitas pembelajaran yaitu, Kemampuan guru dalam mengelola pendidikan baik, aktivitas siswa dalam pendidikan yang berkualitas, hasil belajar siswa yang sempurna 3) Sementara faktor pendukung dalam penerapan metode ini adalah kesiapan siswa, penguasaan guru terhadap lagu dan kehadiran siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah beberapa murid yang tidak mampu membaca dan menulis huruf Arab dan kehadiran siswa yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; Metode Bernyanyi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jul 2021 09:05
Last Modified: 12 Jul 2021 09:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item