Fa’aliyah namudhaj al ta’lim al ta’awunii binaw’i make a match limaharah qira'ah ladaay talamidh fii al fashl al saabi’ bimadrasah "nurul hudaa" linahdhatul ‘ulama' al mutawasitah al'iislamiah biqudus 2018-2019 (shbh tajribiin)

Faiq, Shobri (2019) Fa’aliyah namudhaj al ta’lim al ta’awunii binaw’i make a match limaharah qira'ah ladaay talamidh fii al fashl al saabi’ bimadrasah "nurul hudaa" linahdhatul ‘ulama' al mutawasitah al'iislamiah biqudus 2018-2019 (shbh tajribiin). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (17MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (16MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (16MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (16MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (16MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (16MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (16MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (16MB)
[img] Text
9. DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (16MB)

Abstract

Keterampilan membaca (maharoh qiro'ah) adalah kemampuan memahami dan memahami isi sesuatu yang tertulis (lambang-lambang tertulis) dengan melafalkan dan mencernanya di dalam hati. Membaca hakekatnya adalah proses komunikasi antara pembaca dan penulis melalui teks yang ditulisnya, maka secara langsung ada hubungan kognitif antara bahasa lisan dengan bahasa tulis. Menurut Nurgiyantoro keterampilan membaca membaca adalah kinerja memahami wacana yang disampaikan secara tertulis. Oleh karena itu, perlu ada pengembangan model pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Maka dari itu peneliti menggunakan Efektivitas metode kooperatif tipe Make a match pada keterampilan membaca para murid di kelas VII MTs NU Nurul Huda Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Instrumen penelitian adalah instrumen tes dan non tes. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh t_hitung = 6,85 sedangakan t_tabel untuk N=34 dan derajat kebebasan dk= 34+34-2= 66 adalah 1,69 dengan taraf signifikansi 5%. Karena t_hitung berada pada daerah penolakan H_o maka H_a diterima, dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a match efektif untuk keterampilan membaca bahasa Arab kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus. Berdasarkan hasil angket setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match 73% siswa merasa sangat senang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match untuk keterampilan membaca bahasa Arab. 68% siswa merasa termotivasi setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match. 59% siswa merasa sangat mudah memahami materi setelah mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match, serta 54% siswa menyatakan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make a match dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam keterampilan membaca bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:23
Last Modified: 14 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5410

Actions (login required)

View Item View Item