Tatbiq tariqah tahliliyah al taqabuliyah fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiyah fahm qawa’id al lughah al’arabiyah ladaa al tulaab fi al fashl al thaamin bimadrasah al mutawasitah al islamiyah nahdhatul’ulama' matholi’ulhudaa bakalan krapyak kaliwungu kudus fii sanah al dirasah 2019-2020M

Umam, Ahmad Khoirul (2019) Tatbiq tariqah tahliliyah al taqabuliyah fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiyah fahm qawa’id al lughah al’arabiyah ladaa al tulaab fi al fashl al thaamin bimadrasah al mutawasitah al islamiyah nahdhatul’ulama' matholi’ulhudaa bakalan krapyak kaliwungu kudus fii sanah al dirasah 2019-2020M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 cover- kata pegnantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (664kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB 4.pdf

Download (8MB)
[img] Text
8 BAB 5.pdf

Download (903kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (899kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode analisis kontrastif dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman kaidah bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu pembelajaran bahasa yang sulit. Diantara kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu pada kaidah-kaidah bahasa Arab karena banyak yg harus dihafalkan, dan guru membutuhkan metode yang tepat untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut salah satunya adalah dengan metode analiss kontrastif. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan metode analisis kontrastif 2) Untuk mengetahui prestasi siswa setelah menerapkan metode analisis kontrastif 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode analisis kontrastif dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman kaidah bahasa Arab siswa kelas 8 MTs NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fakta dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan instrumen pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Untuk Metode analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode analisis kontrastif dalam pembelajaran bahasa arab berjalan dengan baik. Metode ini diawali dengan persiapan perencanaan dan materi pembelajaran, dilanjutkan dengan penerapan proses pembelajaran, dan diakhiri dengan evaluasi. 2) Kemudian data menunjukkan bahwa metode ini efektif dan mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam kaidah bahasa Arab. Adapun tanda kesuksesan metode ini yaitu dengan melihat nilai rata-rata siswa diantaranya adalah 88,3 untuk nilai ulangan harian dan 94,5 unt uk nilai ulangan tengah semester dan 85 untuk nilai praktik dan 80 untuk nilai sikap dari nilai KKM bahasa arab sebesar 75. 3) Adapun faktor pendukungnya adalah rajinnya siswa, motivasi siswa, pedulinya guru, dan media pembelajaran yang memadai. Untuk faktor penghambatnya adalah sekolah tidak memiliki lingkungan bahasa, siswa tidak memiliki dasar kaidah bahasa arab dan siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode, Analisis Kontrastif, Pembelajaran Bahasa Arab, dan Pemahaman Kaidah Kahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:04
Last Modified: 15 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item