Tariqah tadris iktishaf al muajah fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiah maharah al kalam fii alshafi al saamin bimadrasah altsaanawiyah al islamiyah "sunan muria" dawe qudus bisanah al dirasiyah 2018/2019m (dirasah tajribiatin)

Purwanto, Aris (2019) Tariqah tadris iktishaf al muajah fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiah maharah al kalam fii alshafi al saamin bimadrasah altsaanawiyah al islamiyah "sunan muria" dawe qudus bisanah al dirasiyah 2018/2019m (dirasah tajribiatin). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (756kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (829kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (622kB)

Abstract

Metode sangat penting digunakan untuk membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan Berbicara bagi siswa. Salah satu cara yang baik dalam pembelajaran keterampilan Berbicara yakni dengan menggunakan Metode Directed Discovery. Yaitu sebuah praktik keterampilan berbicara berdasarkan permainan. Dimana Metode ini bisa digunakan untuk tingkat pemula sampai tingkat mahir, di dalamnya berisi materi dan latihan yang sesuai bagi siswa madrasah tsanawiyah. Karena pada masa ini siswa madrasah tsanawiyah lebih cenderung menggukan teknologi, apalagi di dalam pembelajaran pasti akan lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti dalam penelitian ini menggukan metode kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bergantung pada pengumpulan angka dan menghitung data statistik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : metode observasi (dengan cara mengamati orang atau tempat), metode dokumentasi (pengumpulan data secara langsung yang diambil dari dokumen), metode tes (sejumlah pertanyaan atau latihan yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui keterampilan Berbicara yang berupa pretest dan postest). Tujuan penelitian tersebut 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran keterampilan Berbicara 2) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran keterampilan Berbicara menggunakan Metode Directed Discovery bagi siswa kelas sepuluh 3) Untuk mengetahui efektif atau tidak Metode Directed Discovery dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan Berbicara di Madrasah Tsanawiyah NU Sunan Muria Dawe Kudus. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Adanya penerapan Metode Directed Discovery dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah NU Sunan Muria Dawe Kudus itu baik dengan kesesuaian nilai Cronbach Alpha’ 0,728 lebih besar dari 0,60 maka dikatakan valid. 2) Hasi sebelum tes (pretest) adalah 56,3 dan sesudah tes (postest) adalah 80,8 itu bagus sesudah dilaksanakan test (pre-post) dengan uji normalitas data angka skewness pretest (0,770) dan postest (-0,548), masing-masing masih dibawah ±1. Dengan demikian data dikatakan normal. Dan dari data angka kurtosis pretest (0,161) dan postest (0,91) masing-masing masih di bawah ±3. Dengan demikian kurva termasuk berdistribusi normal. 3) Adanya hubungan yang positif signifikan statistik dengan tingkat t hitung 7,857 lebih besar dari t tabel yang signifikansinya 5% adalah 2,07 maka hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Directed Discovery, Keterampilan Berbicara, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:04
Last Modified: 19 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5491

Actions (login required)

View Item View Item