Labib, Najahul (2019) Tatbiq tariqah al ibtidai litarqiah maharah qira'ah al lughah al ‘arabiyah laday al thulaab bi al ma’had Nurul Ikhlas Lagon Tahunan Jafara lil sanah al dirasiyah 2019-2020M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 .Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (660kB) |
|
Text
4.daftar isi.pdf Download (705kB) |
|
Text
5. Bab I.pdf Download (932kB) |
|
Text
6. Bab II.pdf Download (942kB) |
|
Text
7. Bab III.pdf Download (828kB) |
|
Text
8. Bab IV.pdf Download (995kB) |
|
Text
9. Bab V.pdf Download (598kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (312kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui proses implementasi metode ibtidai untuk meningkatkan keterampilan membaca teks bahasa arab santri Pondok Pesantren Nurul IKhlas Langon Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. 2. Mengetahui sejauh mana prestasi siswa setelah menerapkan metode ibtidai untuk meningkatkan keterampilan membaca teks bahasa arab santri Pondok Pesantren Nurul IKhlas Langon Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. 3. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode ibtidai untuk meningkatkan keterampilan membaca teks bahasa arab santri Pondok Pesantren Nurul IKhlas Langon Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan,triangulasi data, dan menggunakan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode ibtidai dalam pembelajaran bahasa arab terbagi menjadi tiga bagian, yaitu fase persiapan yang berkaitan dengan hal-hal pra pembelajaran, fase implementasi yang berkaitan dengan proses di dalam pembelajaran, dan evaluasi yang berkaitan dengan penilaian pembelajaran. Kemudian berkenaan dengan ketrampilan membaca siswa kelas I berjalan dengan baik dan sukses bagi siswa dalam keterampilan membaca teks Arab. Adapun faktor pendukung dari implementasi metode ibtidai adalah guru yang pandai dan semangat dalam mengajarkan materi dan murid yang aktif dan sangat memperhatikan keterangan dari guru. Dan media yang cukup. Faktor penghambatnya adalah siswa tidak memiliki dasar kaidah bahasa arab, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda, dan sedikitnya kosakata yang dikuasai siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode, Ibtidai, Kemampuan Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 01:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5533 |
Actions (login required)
View Item |