Tahlil istikhdam bithaqat flash (wamdliyah) fi ta'lim al-lughah al-'arabiyyah litarqiyah mufradat al-lughah al-'arabiyyah fi al-fashl al-tsamin Bi al-Madrasah al-mutawassithah Al-Islamiyah nahdlah al-'ulama' al-mustaqim Bugel Kedung Jepara 2019/2020

Somat, Abdul (2021) Tahlil istikhdam bithaqat flash (wamdliyah) fi ta'lim al-lughah al-'arabiyyah litarqiyah mufradat al-lughah al-'arabiyyah fi al-fashl al-tsamin Bi al-Madrasah al-mutawassithah Al-Islamiyah nahdlah al-'ulama' al-mustaqim Bugel Kedung Jepara 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (935kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (867kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa terpenting di dunia guna sebagai alat komunikasi dan menyampaikan sebuah gagasan atau pemikiran. Bahasa Arab memiliki empat keterampilan, yaitu: keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Bahasa Arab merupakan bahasa yang indah dalam strukturnya. Oleh karena itu alangkah baiknya seseorang memiliki kosa kata yang memadai guna menjadikan komunikasi yang baik dan mudah di pahami. Bagi para siswa wajib memiliki hafalan kosa kata. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kosa kata maka di gunakanlah kartu kilat sebagai pembelajaran dalam meningkatkan kosa kata. Bertambahnya kosa kata pada para siswa maka akan lebih memudahkan siswa dalam memperoleh informasi sebuah bahasa. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media kartu kilat dalam peningkatkan kosa kata bahasa Arab Kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama’ Al-Mustaqim Bugel Jepara, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pengajaran bahasa Arab menggunakan Kartu Kilat (Flash Card) Di Kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama’ Al-Mustaqim Bugel Jepara. Tahun Ajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif. Data dalam penelitian adalah data kualitatif. Data tentang peningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab dengan menggunakan kartu kilat (Flash card) pada siswa kelas VIII MTs di peroleh dengan menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari guru bahasa Arab dan siswa. Instrumental utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu meliputi paduan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ialah terdapatnya jumlah peningkatan pada para siswa Kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama’ Al-Mustaqim Bugel Jepara dalam memperoleh dan memahami sebuah materi. Data awal menunjukkan siswa yang belum menguasai 10 siswa dan 10 siswi, yang cukup menguasai 5 siswa dan 6 siswa. Begitu juga sangat menguasai 15 siswa dan 10 siswi. Setelah pembelajaran menggunakan kartu kilat maka data yang di peroleh yang belum menguasai 2 siswa dan 2 siswi, cukup menguasai 8 siswa dan 9 siswi, sangat menguasai 20 siswa dan 15 siswi. Jadi dalam kesimpulannya ada peningkatan pemahaman para siswa dalam memperoleh materi melalui kartu kilat. Hal-hal yang menghambat di antaranya sedikitnya waktu, rasa malas dan malu. Sedangkan hal-hal yang mendukung di antaranya guru memberikan pengetahuan dan murid menguatkan niat dan tekun dalam belajar serta terbiasanya berbicara bahasa arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kartu Kilat, Kosa kata, dan Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Oct 2021 01:49
Last Modified: 29 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item