KREATIFITAS GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL FALAH TALUN KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sukarno, Sukarno (2017) KREATIFITAS GURU BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL FALAH TALUN KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat kreatifitas guru bahas arab dalam mengajar Maharah Kitabah, dan untuk mengetahu kemampuan siswa dalam menulis teks Arab. di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Talun Kayen Pati Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan skripsi ini merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan. Dan dalam memperoleh data-datanya peneliti menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan pengamatan. Untuk mengetahui hasil dari analisis data menggunakan metode dekristif data. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreatifitas guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah cukuplah baik, hal ini ditinjau dari cara mengajarnya, seperti pemilihan metode yang sesuai yaitu metode qawa’id wattarjamah, permainan bisik berantai, metode resume dan penggunaan media pembelajara seperti proyektor, untuk memutar filim dan gamar. Untuk menghasilkan pembelajaran yang menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar bahasa arab, di samping itu juga guru menggunakan buku ajar yang telah ditetapkan yaitu menggunakan referenci dan juga dari sumber-sumber yang banyak seperti buku buku lama dan buku baru yaitu buku dari KEMENAG, LKS, dan juga mengambil materi pembelajaran dari internet untuk menambah pengetahuan siswa, dan dalam melakukan kegiatan mengevaluasi pembelajaran guru menggunakan beberapa bentuk soal yang berbeda seperti menulis dengan menyempurnakan kaliat domer yang terpisah, menyusun kalimat yang sempurna, dan menulis dekte atau mendengarkan guru membaca. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam maharah kitabah cukuplah baik, hal ini di buktikan dengan tingkat pemerolehan dalam kemampuan menulis dengan nilai rata-rata 80,4 untuk kelas A, dan nilai rata-rata 79,9 dikelas B, dan nilai yang telah di capai sudah sampai pada kriteria nilai (KKM) yang telah di tetapkan oleh sekolah yaitu 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Guru Bahasa Arab; Maharah Kitabah
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 05:41
Last Modified: 11 Feb 2017 05:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item