Zainuri, Muhammad (2021) Tatbiq istiraatijiyyah PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) fii ta'lim al lugah al 'arabiyyah 'alaa mawad al qira'ah fil fashli astaamin fil madrosah al mutawassitoh miftaahul falaah qudus sanah dirosii 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (408kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (346kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (451kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (524kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (525kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan dari hasil lapangangan. Bagai mana cara menerapkan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran bahasa Arab pada pelajaran bahasa arab pada materi qiro’ah kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah kudus tahun ajaran2019/2020. Dalam penelitian ini, ada beberapa rumusan masalah yang telah ditentukan yaitu: bagaimana Penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran bahasa Arab pada pelajaran bahasa arab pada materi qiro’ah kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah kudus, Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran bahasa Arab pada pelajaran bahasa arab pada materi qiro’ah kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah kudus. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran bahasa Arab pada pelajaran bahasa arab pada materi qiro’ah kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah kudus, dan analisis Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran bahasa Arab pada pelajaran bahasa arab pada materi qiro’ah kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field Research) Disini penulis mengambil lokasi di MTs Nu Mftahul Falah Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni meningkatkan pembelajaran, triagulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PQ4R di sekolahan MTs NU Miftaul Falah Kudus, Setelah data tekumpul dan dianalisis dengan teknik analisis interakif. Penelitian ini berhasil memperoleh temuan antara lain: pertama, penerapan strategi PQ4R yang dilakukan oleh Guru mata pelajaran Bahasa Arab terdiri dari 6 tahap yaitu Preview, Question, Reading, Reflect, Recite, Review. Tahapan tersebut dapat mengaktifkan pembelajaran, sehingga menambah daya ingat pemahaman khususnya Pendidikan Bahasa Arab dan melatih daya berfikir peserta didik. Temuan kedua, berkaitan dengan faktor pendukung yang ditemukan adalah ketersediaan buku yang lengkap dan dukungan dari pihak sekolah dalam penerapan strategi PQ4R. Ketiga, berkaitan dengan faktor penghambat adalah tersedianya laboratorium Bahasa yang kurang begitu maksimal, penguasaan guru dalam pengelolaan kelas dan daya berfikir peserta didik yang masih rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Setrategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflec, Recite, Review) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 02:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5573 |
Actions (login required)
View Item |