Tathbiq al-Ta'lim 'abrol Internet Bistikhdam "thoriqotut tamyiz" Fi Ta'lim Maharah Al-Qira'ah Fi Dauroh Al-Azhar Pare Kediri

Muna, Naili Hudatil (2021) Tathbiq al-Ta'lim 'abrol Internet Bistikhdam "thoriqotut tamyiz" Fi Ta'lim Maharah Al-Qira'ah Fi Dauroh Al-Azhar Pare Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf

Download (793kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (654kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (505kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (795kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (489kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (791kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan pembelajaran online dengan menggunakan metode tamyiz di Kursus Al Azhar Pare Kediri 2). Untuk mengetahui penggunaan metode tamyiz dalam keterampilan membaca di Kursus Al Azhar Pare Kediri 3). Untuk mengetahui apa saja hambatan penerapan pembelajaran online dengan menggunakan metode tamyiz dalam pembelajaran keterampilan membaca di Kursus Al Azhar Pare Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara online. Lokasi penelitian ini di Kursus Arabic Al Azhar Pare Kediri dengan waktu penelitian sejak bulan Januari sampai dengan April 2021. Subyek penelitian ini adalah direktur 2 di Kursus Al Azhar, dua orang pengajar, dan dua orang peserta tamyiz online. Uji keabsahan data menggunakan teknik tringulasi dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa data yang telah diperoleh, yaitu (1) Pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi dapat mempermudah peserta yang ingin belajar bahasa Arab dengan kendala tempat, waktu, maupun biaya. Pembelajaran online di kursus arabic online ini menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media penghubung antara peserta dan pengajar. Kemudian untuk grup whatsApp dibagi menjadi 2 yaitu grup materi dan diskusi. Adapun materi pembelajarannya dapat disampaikan melalui grup WhatsApp berupa audio, video, dan gambar setiap hari jum’at sampai hari ahad pada jam 19.30 WIB. Pembelajaran online dengan menggunakan metode tamyiz ini merupakan pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan, karena metode ini dapat dipelajari oleh semua kalangan usia. Pembelajaran online dengan cara ini dapat mempermudah peserta yang tidak mempunyai buku tamyiz. Jadi peserta bisa belajar kapan saja dengan cara mendownload materi yang sudah disampaikan di dalam grup WhatsApp. (2) Metode tamyiz merupakan metode yang digunakan untuk mempelajari nahwu shorof dasar dan menghafalkan kosa kata yang ada di Al-Qur’an sebagai praktik dasar untuk membaca. Untuk praktik membaca baik ayat Al-Qur’an maupun kitab kuning yaitu dengan cara menentukan harokat akhir kata dan dimantrakan yang sesuai dengan kaidah metode tamyiz. (3) Ada beberapa hambatan dalam penerapan pembelajaran online dengan menggunakan metode tamyiz dalam keterampilan membaca di kursus Al Azhar Pare Kediri yaitu keterbatasan jarak dan membagi waktu belajar, keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan latar belakang peserta, dan kurang sinyal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Metode Tamyiz, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:04
Last Modified: 04 Nov 2021 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item