Fa'aliyyah Istiratijiyyah Nasyath At-Tafkir Fi Al-Qira'ah Al-Muwajjahah Litarqiyati Maharah Al-Qira'ah Fi Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Bimadrasati Miftahul Huda Ats-Tsanawiyyah Al-Islamiyyah Dongos Kedung Jepara

Afriyanti, Atik (2021) Fa'aliyyah Istiratijiyyah Nasyath At-Tafkir Fi Al-Qira'ah Al-Muwajjahah Litarqiyati Maharah Al-Qira'ah Fi Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Bimadrasati Miftahul Huda Ats-Tsanawiyyah Al-Islamiyyah Dongos Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (900kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (721kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (470kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (882kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (680kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (917kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (764kB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas strategi Directed Reading Thinking Activity untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas strategi Directed Reading Thinking Activity untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab dilihat dari hasil tes setelah adanya perlakuan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Miftahul Huda Dongos tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil yaitu kelas X IIS yang berjumlah 35 siswa. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design yang berbentuk one-group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan tiga metode yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji T untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa-siswi. Kelas eksperimen dalam penelitian ini diberi tes keterampilan membaca bahasa Arab sebelum dan setelah menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji T. Pada uji T diperoleh nilai t_hitung sebesar 11,335 dan nilai t_tabel 2,032 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 34. Karena nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel yaitu 11,335 > 2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan dan peningkatan antara pretes dan postes. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Directed Reading Thinking Activity, keterampilan membaca, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:56
Last Modified: 19 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5936

Actions (login required)

View Item View Item