Tathbiiq ta'liim al lughoh al arobiyah wifqon limanhaju 2013 khilali jaikhati kofid-19 fil madrosah al tsanawiyah al islamiyah nurul islami bijafara as sanat ad dirosiyah 2020-2021 M

Adawiyah, Robiatul (2021) Tathbiiq ta'liim al lughoh al arobiyah wifqon limanhaju 2013 khilali jaikhati kofid-19 fil madrosah al tsanawiyah al islamiyah nurul islami bijafara as sanat ad dirosiyah 2020-2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (877kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tentang penerapan standar proses pembelajaran bahasa Arab menurut Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui tentang penerapan standar penilaian pembelajaran bahasa Arab menurut Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembelajaran bahasa Arab menurut Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu deskripsi dan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan pembelajaran bahasa arab menurut kurikulum 2013 pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Jepara tahun 2020/2021 dilaksanakan dengan dua cara, yaitu melalui daring dan luring. Dengan pemberian materi yang essensial saja mengingat waktu dan keadaan yang terbatas. Kedua, setelah melaksanakan proses pembelajaran maka diperlukan sebuah evaluasi atau penilaian. Terdapat 3 aspek penilaian dalam pembelajaran bahasa arab saat masa Pandemi Covid-19 yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan oleh guru. Kemudian untuk penilaiannya menyesuaikan kondisi siswa, akses dan fasilitas belajar baik secara luring maupun daring. Ketiga, faktor pendukung dalam menerapkan pembelajaran bahasa arab menurut kurikulum 2013 pada masa pandemi covid-19 diantaranya, latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar oleh guru yang mumpuni, buku penunjang yang dimiliki oleh guru dan peserta didik, sarana prasarana sekolah yang memadai serta peran aktif orangtua. Sedangkan faktor penghambat, diantaranya usia guru Bahasa Arab yang tak lagi muda menjadikan guru kurang produktif dan inovatif dalam mengajar, latar belakang siswa yang beragam, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, sarana prasarana untuk kegiatan belajar secara daring kurang mumpuni, kurangnya peran dari orangtua serta durasi waktu yang sedikit ketika luring/ tatap muka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, kurikulum 2013, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:05
Last Modified: 26 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6565

Actions (login required)

View Item View Item