Ta'lim al lughat al arabiyat bistikhdami "kitabu at-tulabi billughat al arabiyat min manhaj 2013" lisshaffi as-shabi' fi al madrasat almutawasitah Banat Nahdlatul ulama Kudus

Aliyah, Atin (2021) Ta'lim al lughat al arabiyat bistikhdami "kitabu at-tulabi billughat al arabiyat min manhaj 2013" lisshaffi as-shabi' fi al madrasat almutawasitah Banat Nahdlatul ulama Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (738kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (546kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (532kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab di MTs Nu Banat Kudus, yang meliputi proses pembelajaran bahasa arab, dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses pembelajaran bahasa arab kelas VII di MTs Nu Banat Kudus menggunakan bahan ajar buku bahasa Arab Edaran Kementrian Agama tahun 2016 dengan sumber ajar buku bahasa Arab Pendekatan Saintifik 2013. Buku ajar tersebut meliputi pembelajaran Mufrodat, Hiwar, Tarkib, Qiroah, dan Kitabah. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru bahasa arab menggunakan metode kooperativ dan metode pembelajaran langsung. 2) Faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa arab di MTs Nu Banat meliputi faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung terbagi menjadi faktor internal yaitu kesadaran diri siswa untuk mempelajari bahasa arab, faktor eksternal yaitu guru yang memiliki pengetahuan bahasa arab dengan baik, sarana pembelajaran yang baik serta lingkungan sekolah. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran meliputi kegaduhan siswa saat pelajaran yang membuat kelas kurang kondusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Faktor pendukung Dan Penghambat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:16
Last Modified: 16 Mar 2022 07:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6788

Actions (login required)

View Item View Item