Burhanudin, Burhanudin (2022) Ta'lim maharoh kitabah bistikhdam al kitab Qowaid al imla' fi bayan ushulittashrifiyati fi al madrosat Al Imam Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (613kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (707kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (636kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (609kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (533kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (577kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (512kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kitab Qowaidul Imlak Fi bayani Ushuli Tasrifiyah Untuk meningkatkan Maharoh Kitabah Di Madrasah Tsanawiyah Al Imam Grobogan. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kitab Qowaidul Imlak Fi bayani Ushuli Tasrifiyah Untuk meningkatkan Maharoh Kitabah Di Madrasah Tsanawiyah Al Imam Grobogan.. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al Imam Grobogan. Adapun subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru mata pelajaran bahasa arab, dan para siswa. Uji keabsahan data menggunakan dengan teknik analisis data berupa , penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa data yang telah diperoleh, yaitu: (1) kurikulum pembelajaran bahasa Arab di madrasah Al imam grobogan yang sudah diterapkan dapat mempermudah para siswa dalam belajar bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab madrasah dilakukan satu minggu 2 kali yaitu meliputi pembelajaran menggunakan kitab Qowaidul imla sebagai pedoman dasar, muhadatsah, hafalan mufrodad, hiwar, halaqoh yang harus diikuti oleh para siswa. Kemudian dalam pengajarannya para guru selalu bekerja sama untuk mengemas dengan metode yang menarik. Sehingga para siswa menjadi senang, nyaman, mudah memahami ketika belajar mengajar berlangsung. (2) ada beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kitab Qowaidul Imlak Fi bayani Ushuli Tasrifiyah Untuk meningkatkan Maharoh Kitabah Di Madrasah Tsanawiyah Al Imam Grobogan. Diantaranya faktor penghambat: keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang siswa, dan kurangnya semangat dan kesadaran diri siswa. Sedangkan faktor pendukung: adanya fasilitas pendukung, adanya pengajar lulusan pondok pesantren, model pembelajaran yang menarik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Maharoh kitabah, Penggunaan Kitab,Qowaidul Imla’ |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:40 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7159 |
Actions (login required)
View Item |