Tahlil musykilat ta'lim maharah al kalam lil shafi al hadi 'asyar madrasah al tsanawiyah al islamiyah miftahul hudaa dempet damak fi al 'am al dirasiy 2021/2022 m

Nafidz, Labibun (2022) Tahlil musykilat ta'lim maharah al kalam lil shafi al hadi 'asyar madrasah al tsanawiyah al islamiyah miftahul hudaa dempet damak fi al 'am al dirasiy 2021/2022 m. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (729kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam pengajaran bahasa Arab kepada non-penutur asli. Tujuan utama pendidikan bahasa asing adalah kemampuan berbicara. Karena bahasa merupakan salah satu alat komunikasi, pergaulan dan masyarakat manusia. Madrasah Aliyah Miftahul Huda merupakan salah satu sekolah yang mengajarkan bahasa Arab dan telah memasuki keterampilan berbicara dengan segala permasalahan pembelajaran didalamnya, dan tentunya perlu ditangani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran maharah kalam di kelas sebelas MA Miftahul Huda Dempet, Faktor-faktor Kesuliatan siswa dalam pembelajaran Maharah kalam dan Upaya untuk mengatasi kesulitan pembelajaran maharah kalam pada kelas sebelas MA Miftahul Huda Dempet Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Penelitian termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data dengan melaksanakan validasi data melalui tehnik trianggulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dalam bahasa Arab di Kelas XI MA Miftahul Huda Dempet Tahun Ajaran 2021/2022. Meliputi beberapa kegiatan yaitu: pendahuluan, kegiatan inti, penutup. Didalam pembelajaran peserta didik lebih banyak berperan, sedangkan guru menentukan topik yang akan dipercakapkan, peranan guru hanya mengatur jalannya pembelajaran, agar sesuai tujuan yang ditetapkan. Dalam pembelajaran terkadang Guru menggunakan media pembelajaran berupa power poin dan aulio visual. 2) adapun factor-faktor Kesulitan siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara diantaranya (a) Faktor linguistic meliputi tata bunyi, kosa kata dan tata kalimat (b) Faktor non lingustik meliputi sosial budaya, minat dan motivasi. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi Factor-faktor Kesulitan siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara adalah memberi pre-test dan post test, memotivasi siswa dengan membuat permainan dan selalu memberi pekerjaan rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika dan, Maharah Kalam, dan Solusi
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:50
Last Modified: 18 Oct 2022 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7590

Actions (login required)

View Item View Item