Pengaruh E-Commerce, Pemanfaatan IT, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kudus Angkatan 2018-2020)

Maharani, Zunia Nanda (2022) Pengaruh E-Commerce, Pemanfaatan IT, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kudus Angkatan 2018-2020). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (785kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Perkembangan internet yang semakin pesat memberikan pengaruh positif terhadap berbagai sudut pandang kehidupan termasuk dalam dunia bisnis sehingga dapat tercipta bisnis online. Teknologi informasi dapat menunjang dalam keberhasilan suatu bisnis, sehingga menjadikan para pebisnis berminat dalam membangun sebuah usaha. Minat berwirausaha secara online adalah pikiran yang mendorong individu untuk menciptakan usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi menggunakan internet. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh e-commerce, pemanfaatan IT, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kudus angkatan 2018-2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner yang kemudian diperoleh data sehingga dapat diolah menggunakan metode analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pertama, e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,049 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 dengan nilai signifikansi 0,044 yang lebih kecil dari 0,05. Kedua, pemanfaatan IT berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,354 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 dengan nilai signifikansi 0,021 yang lebih kecil dari 0,05. Ketiga, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 5,031 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Keempat, e-commerce, pemanfaatan IT, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan hasil uji F yang memiliki nilai F hitung lebih besar daripada F tabel (31,671 > 2,72) dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Pemanfaatan IT, Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Online
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:53
Last Modified: 15 Nov 2022 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7689

Actions (login required)

View Item View Item