Maharani, Zunia Nanda (2022) Pengaruh E-Commerce, Pemanfaatan IT, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kudus Angkatan 2018-2020). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (462kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (785kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (733kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
Perkembangan internet yang semakin pesat memberikan pengaruh positif terhadap berbagai sudut pandang kehidupan termasuk dalam dunia bisnis sehingga dapat tercipta bisnis online. Teknologi informasi dapat menunjang dalam keberhasilan suatu bisnis, sehingga menjadikan para pebisnis berminat dalam membangun sebuah usaha. Minat berwirausaha secara online adalah pikiran yang mendorong individu untuk menciptakan usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi menggunakan internet. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh e-commerce, pemanfaatan IT, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kudus angkatan 2018-2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner yang kemudian diperoleh data sehingga dapat diolah menggunakan metode analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pertama, e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,049 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 dengan nilai signifikansi 0,044 yang lebih kecil dari 0,05. Kedua, pemanfaatan IT berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,354 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 dengan nilai signifikansi 0,021 yang lebih kecil dari 0,05. Ketiga, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 5,031 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Keempat, e-commerce, pemanfaatan IT, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha online yang dibuktikan dengan hasil uji F yang memiliki nilai F hitung lebih besar daripada F tabel (31,671 > 2,72) dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Pemanfaatan IT, Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Online |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 01:53 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 01:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7689 |
Actions (login required)
View Item |