Mubarok, Iqbal (2022) Tatbiq wasaith alsuwar almutasalsilah fi ta'lim allughah al'arabiyah litarqiyah maharah alkitabah laday althulaab lilfashl altsaamin bi almadrasah almutawasithah al'iislamiyah ibtida'ulfalah samirejo dawe qudus alsanah aldirasiyah 2021/2020M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (645kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (683kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (713kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (922kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (805kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (609kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (872kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk : 1) mendeskripsikan penerapan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 2) mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 3) memberikan solusi atas faktor penghambat penggunaan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi. 2) wawancara. 3) dokumentasi. Informan ditentukan melalui purposive sampling. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, verifikasi data,. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, debandibility, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media pembelajaran gambar berseri pada mata pelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus ini dengan kegiatan awal 5 menit, kegiatan inti 30 menit, dan kegiatan akhir 5 menit. Evaluasi dalam penerapan media ini adalah dengan membiasakan menulis arab. 2) faktor penghambat dan pendukung media gambar berseri dalam proses pembelajaran antara lain yaitu faktor penghambat terdiri dari: kondisi siswa dan media atau sarana yang tersedia di sekolah. Selain itu faktor penghambat yang lain yaitu, mengantuk di dalam kelas. Sedangkan faktor pendukung media ini terdiri dari: media yang tersedia di sekolah, dana boss, mudah dipahami, serta lebih aktif bertanya di dalam kelas. 3) solusi dalam mengatasi faktor penghambat media gambar berseri adalah dengan cara memberikan pemahaman terhadap siswa, serta mengarahkan siswa untuk menghafal kosa kata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:57 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8274 |
Actions (login required)
View Item |