Fa'aliyah tatbiq tariqah alrihlat almaydaniyah litarqiyah maharah alkitabah laday thulaab alfashl altsamin fii almadrasah almutawasithah al islamiyah darul ulum Ngembal rejo bae qudus sanatan dirasiatan 2022/2021M

Sa’adatirrukoyah, Umi (2022) Fa'aliyah tatbiq tariqah alrihlat almaydaniyah litarqiyah maharah alkitabah laday thulaab alfashl altsamin fii almadrasah almutawasithah al islamiyah darul ulum Ngembal rejo bae qudus sanatan dirasiatan 2022/2021M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (602kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode field trip untuk meningkatkan keterampilan menulis. Dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap bahasa arab itu sulit serta kurang mampunya siswa dalam keterampilan menulis arab. Untuk menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab peneliti ini menggunakan metode field trip yang bertujuan untuk berwisata dan melatih siswa dalam keterampilan menulis arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode field trip dalam pembelajaran bahasa arab pada keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs Daru Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dari pretest dan postest. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis pada siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus, dengan hasil 16,073 t hitung lebih besar dari t table 2,05183 dan ini menunjukkan bahwa hasil (Ho) ditolak dan (Ha) diterima dan uji N-gain sebesar 0,4314 yang mana pada tabel kriteria analisis nilai N-gain sebesar 0,4314 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan yang signifikan antara kondisi sebelum perlakuan dengan kondisi setelah perlakuan di kelas eksperimen dan metode field trip efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Field Trip, Keterampilan Menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:55
Last Modified: 14 Feb 2023 01:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item