Ta'tsir istikhdam alwasail alta'limiyah 'alaa 'asas allu'bah al tarbawiyah wa wirdwal (Wordwall) 'alaa muyul ta'alum al lughah al 'arabiyah lithulaab al fashl al saabi' fi al madrasah al mutawasitat al'iislamiyah al hukumiyah al tsaaniyah biquds lilsanah al dirasiyah 2021/2022

Nafisyah, Alfiyatun (2022) Ta'tsir istikhdam alwasail alta'limiyah 'alaa 'asas allu'bah al tarbawiyah wa wirdwal (Wordwall) 'alaa muyul ta'alum al lughah al 'arabiyah lithulaab al fashl al saabi' fi al madrasah al mutawasitat al'iislamiyah al hukumiyah al tsaaniyah biquds lilsanah al dirasiyah 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (717kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (897kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (560kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis game edukasi Wordwall terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Melalui teknik purposive sampling berdasarkan saran dari guru bahasa Arab kelas VII MTs Negeri 2 Kudus yang menjadi sampel adalah kelas VII A dengan jumlah 30 siswa. Data tentang penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Wordwall dan minat belajar bahasa Arab siswa dikumpulkan dengan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dengan uji t dan uji signifikansi menggunakan uji F. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Wordwall terhadap minat belajar bahasa Arab siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung 3,114 lebih besar dari nilai t tabel 2,048. Adapun pengaruh yang ditimbulkan yaitu positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Wordwall terhadap minat belajar bahasa Arab siswa. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,538 yang bernilai positif dan perolehan nilai Fhitung sebesar 9,696 dengan nilai Ftabel 4,195 sehingga Fhitung > Ftabel maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan . Sedangkan pengaruh yang diberikan media pembelajaran berbasis game edukasi Wordwall terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kudus adalah sebesar 25,7% dan sisanya 74,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi Wordwall, Minat Belajar Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:05
Last Modified: 07 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8930

Actions (login required)

View Item View Item