Ik Roni, Muhammad Matin (2022) 'Istiratijiyat ta'lim alnahw fi ma'had riadhah al talabah sidan Rembang Al sanah Al dirasiyah 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (820kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (579kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (458kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (601kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (669kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (546kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (719kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (503kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (479kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi yang digunakan dalam pembelajaran nahwu dan juga (2) faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pembelajaran nahwu diPondok Pesantren Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan serta memberikan manfaat bagi yang terlibat dalam proses pembelajaran nahwu pada umumnya terkhusus bagi Pondok Pesantren Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang sendiri sebagai lokasi dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, dan adapun alat pengumpul data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Dari proses pengumpulan data serta analisis data yang dilakukan diperoleh hasil berupa: Sumber belajar (kitab) yang digunakan dalam pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Riyadlotut Thalabah Sedan adalah Kitab Matan Al-Jurumiyah, dan strategi yang digunakan dalam penyampaian kaidah nahwu adalah bersifat deduktif (qiyasi) yaitu suatu strategi yang diawali dengan pemaparan kaidah-kaidah baru kemudian contoh dan juga memadukan beberapa metode yang digunakan dalam proses pembelajaran antara lain strategi Qawa’id wa Tarjamah. Hasil Penelitian menunjukan bahwa belajar nahwu merupakan merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tentang mempelajari ilmu nahwu. Untuk itu terdapat dua faktor yang menyebabkan kesulitan belajar nahwu bagi santri di Pondok Pesantren Riyadlotut Thalabah Sedan, yaitu faktor pendukung( faktor internal dan faktor eksternal). Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam individu antara lain : 1).Kematangan yang merupakan kondisi mental dan kesiapan belajar nahwu, 2) Kecerdasan yang merupakan tingkat kepahaman, 3)Motivasi yang merupakan tingkat semangat belajar nahwu 4.Minat yang mendasari kemauan untuk belajar nahwu. Kemudian faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu antara lain : 1)Lingkungan pondok merupakan kondisi cuaca, iklim dan kondisi tempat belajar, 2)Teman merupakan rekan belajar santri pemula, 3) Ustadz merupakan peran yang mengajar nahwu bagi santri pemula, dan 4)Alat peraga merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran Nahwu, Pesantren | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 02:32 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 02:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9149 |
Actions (login required)
View Item |