Yanto, Ahmad Puji Nur (2022) Musykilat ta'lim al lughah al 'arabiyah min hayt dawafi' al thulaab bimadrasah sultan agung al tsanawiyah al'islamiyah Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (542kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (668kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (820kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (764kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (842kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (549kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab di MA Sultan Agung Pati. Pembelajaran bahasa Arab di MA Sultan Agung Pati sering kali menghadapi problematika non-linguistik yang harus segera di tuntaskan. Problem non-linguistik, seperti, motivasi belajar, sarana belajar, metode pengajaran, waktu belajar, dan lingkungan pembelajaran. Persoalan pembelajaran bahasa sangat bervariasi sesuai dengan usia pelajar dan lingkungan tempat belajar. Adapun metode yang di gunakan adalah penelitian kualitatif untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada, pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Untuk Metode analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab di MA Sultan Agung Pati adalah lemahnya penguasaan kosa kata dan pemahaman terhadap qowaid lughoh. Sedang penyebabnya, dilihat dari faktor internal, adalah metode dan strategi guru tidak memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran bahasa Arab yang di ajarkan, guru tidak melibatkan siswa secara langsung, siswa kurang merespon materi yang di berikan guru, dan metode guru yang kurang menarik dalam menyampaikan pembelajaran bahasa Arab. Dilihat dari faktor eksternal adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, lingkungan setempat yang tidak mendukung, sebagian siswa MA Sultan Agung Pati tidak mondok dan keterbatasan waktu dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan solusinya, guru harus menggunakan metode dan strategi yang bisa meningkatan keaktifan siswa dalam belajar bahasa Arab, sekolah harus membuat ekstra kurikuler bahasa Arab, mampu menciptakan lingungan bahasa Arab, dan guru memberikan hafalan dan pemahaman yang efektif terhadap bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bahasa Arab, problematika pembelajaran bahasa Arab, motivasi belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 02:06 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 02:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9199 |
Actions (login required)
View Item |