Ta'tsir khalfiyah althulaab alta'limiyah 'alaa nataij ta'alum al lughah al 'arabiyah laday al thulaab al safa al 'ashir fi al madrasah al tsanawiyah al hukumiyah 1 biquds sanah al dirasiyah 2021\2022M

Rohmaniyah, Inayatur (2022) Ta'tsir khalfiyah althulaab alta'limiyah 'alaa nataij ta'alum al lughah al 'arabiyah laday al thulaab al safa al 'ashir fi al madrasah al tsanawiyah al hukumiyah 1 biquds sanah al dirasiyah 2021\2022M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (569kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (443kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (675kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (851kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (886kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (560kB)

Abstract

Peserta didik di setiap sekolah memiliki latar belakang pendidikan yang berbada. Latar Belakang yang dimaksud yaitu latar belakang akademik sebelum masuk MAN 01 Kudus. Latar Belakang pendidikan tersebut meliputi lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peserta didik yang berasal dari SMP merasa kesulitan dalam pelajaran Bahasa Arab. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang pendidikan siswa dan hasil belajar Bahasa Arab serta pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Arab di MAN 01 Kudus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan peneliti menggunakan jenis penelitian kausal komparatif ex post facto. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes (Post-Test). Peneliti menggunakan aplikasi SPSS for windows evaluation version 26 untuk menganalisis pengaruh antara latar belakang akademik peserta didik dan hasil belajar Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang akademik peserta didik kelas X di MAN 01 Kudus terdiri dari 2 kategori. Kategori pertama berlatar belakang Madrasah Tsanawiyyah (MTs) dan kategori yang kedua berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dari 442 siswa kelas sepuluh, peneliti mengambil sampel 60 siswa. Mereka diminta untuk mengerjakan soal-soal post-test yang telah disediakan peneliti guna untuk mengukur nilai hasil belajar Bahasa Arab mereka. Dengan tingkat signifikansi 5%, hasil pengujian independent sample t-test diperoleh ttable = 2,006 dan thitung = 4,319. Artinya thitung > ttabel. Maka H0 ditolak, Ha diterima. Sehingga dapat disimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang berlatar belakang pendidikan MTs dan SMP terhadap nilai hasil belajar Bahasa Arab siswa di kelas X MAN 1 Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan Siswa, Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:35
Last Modified: 15 Mar 2023 04:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item View Item