Uslah, Iis Safuria (2022) Ta'tsir wasail ta'lim laibah alwaraq 'alaa dafi'iyah ta'lim al lughah al arabiyah laday thulaab madrasah al mutawasithah an-nur Daren Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (883kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (413kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (742kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (584kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (766kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (308kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran permainan kartu terhadap motivasi belajar siswa di madrasah tsanawiyyah an-nur daren jepara. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dengan menggunakan metode instrumen angket yang diujikan kepada responden dengan sampai 43 peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan A dan delapan C madrasah tsanawiyyah an-nur daren jepara yang masing-masing kelas terdiri dari 21 dan 22 peserta didik. Adapun pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sample. Kelas delapan A sebagai kelas eksperimen dan kelas delapan C sebagai kelas control. Pengumpulan data menggunakan dan penyebaran angket. Dan analisis data menggunakan validitas, reabilitas dan analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan media belajar permainan kartu terhadap motivasi belajar bahasa arab telah dikategorikan baik dan antusias siswa yang sangat tinggi dengan adanya media permainan kartu. Dan menunjukan hasil dari responden kelas delapan A diketahui dengan signifikan 5% hasil r hitung koefisien kolerasinya lebih besar dari hasil r tabel (0.456) sehingga dapat dikatakan bahwa tabel variabel X (media flashcard) dan variabel Y (motivasi belajar) berdasarkan penyebaran angket adalah semuanya valid. kemudian pada responden kelas delapan C diketahui dengan signifikan 5% harga r hitung koefisien kolerasinya lebih besar dari harga r tabel (0.444) sehingga dapat dikatakan bahwa tabel variasi X (media flashcard) dan variabel Y (motivasi belajar) berdasarkan penyebaran angket adalah 20 soal semua valid. Kemudian hasil dari data hitung analisis uji paired T dapat disimpulkan sebagai berikut : -Jika nilai sig < 0,05 maka ada pengaruh besar terhadap penggunaan media pembelajaran permainan kartu. Begitu pun sebaliknya Jika nilai sig > 0,05 maka tidak ada pengaruh besar terhadap penggunaan media pembelajaran permainan kartu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, motivasi belajar, Bahasa arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2023 02:43 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 02:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9748 |
Actions (login required)
View Item |