Implementasi Islamic Entrepreneurship pada Bisnis Distributor MLM (Multi Level Marketing) Murni PT. Natural Nusantara di Kabupaten Pati

Hardiyanti, Hardiyanti (2023) Implementasi Islamic Entrepreneurship pada Bisnis Distributor MLM (Multi Level Marketing) Murni PT. Natural Nusantara di Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (724kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Upaya membentuk muslim entrepreneurship akhir-akhir ini merupakan suatu hal yang harus atau wajib untuk dilakukan oleh setiap muslim, terutama kaum muslim yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi islamic entrepreneurship pada bisnis distributor MLM (Multi Level Marketing) Murni PT. Natural Nusantara di Kabupaten Pati dan untuk menemukan dampak implementasi islamic entrepreneurship pada bisnis distributor MLM (Multi Level Marketing) Murni PT. Natural Nusantara di Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian field reseach (studi lapangan). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yaitu salah satu jenis studi yang mengkaji tentang berbagai fenomena atau apa saja yang tampak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah beberapa pihak relevan, meliputi: owner stokis PT. Natural Nusantara cabang Pati, distributor PT. Natural Nusantara di Pati yang berjenjang karir manager, silver manager, dan gold manager. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa: Pertama, dalam aktivitas berbisnis distributor MLM (Multi Level Marketing) murni PT. Natural Nusantara di Kabupaten Pati telah mengimpelentasikan konsep islamic entrepreneurship dengan indikator adanya sebuah praktik elaboratif antara aktivitas bisnis dan penerapan nilai-nilai ajaran Islam. Distributor telah menerapkan pilar dalam islamic entrepreneurship yaitu berani untuk mengejar peluang (the pursuit of opportunities) dengan bentuk implementasi sikap empati dan efikasi diri, kegiatan bisnis yang dilakukan distributor dipandu oleh seperangkat norma dan etika (socio-economic or ethical) dengan bentuk implementasi berupa penerapan kewajiban moral dan dukungan sosial, serta dalam aktivitas berbisnis ada hubungan manusia dengan Allah SWT (religio-spiritual) ditandai dengan niat distributor dalam berbisnis hanya untuk beribadah kepada Allah. Kedua, dampak yang dirasakan distributor MLM (Multi Level Marketing) murni PT. Natural Nusantara di Kabupaten Pati ketika mengimplementasikan konsep islamic entrepreneurship pada bisnisnya adalah dapat meraih keberkahan, perkembangan bisnis (sarana mencari ilmu dan silaturahim), kemampuan bertahan (sarana ikhtiar), peningaktan kualitas akhlak (rekening kebaikan), mempererat persaudaraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRokhman, WahiburUNSPECIFIED
Thesis advisorHadi, SolikhulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis Syari’ah, Islamic Entrepreneurship, MLM (Multi Level Marketing).
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2023 03:28
Last Modified: 10 May 2023 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

View Item View Item