تأثير استراتيجيات تعلم اللغة على كفاءة مهارة الكلام لدى الطلبة قسم تعليم اللغة العربية بجامعة مطالع الفلاح الاسلامية باطي

A’yun, Devita Qurrota (2023) تأثير استراتيجيات تعلم اللغة على كفاءة مهارة الكلام لدى الطلبة قسم تعليم اللغة العربية بجامعة مطالع الفلاح الاسلامية باطي. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (943kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (463kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (771kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (908kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (729kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (950kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (628kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kompetensi ketrampilan berbicara bahasa arab mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab di Institut Pesantren Matholi’ul Falah (IPMAFA) Pati. (2) untuk mengetahui pengaruh strategi belajar bahasa terhadap kompetensi ketrampilan berbicara bahasa arab mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab di Institut Pesantren Matholi’ul Falah (IPMAFA) Pati. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. dengan sampel 25 mahasiswa semester empat dan semester enam kelas “A” regular yang diambil dengan teknik non probability sampling (non random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket strategi belajar SILL, dan dokumentasi untuk kompetensi ketrampilan berbicara bahasa arab. Adapun teknik analisis data berupa data statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan (uji asumsi klasik, uji korelasi, dan uji regresi linier sederhana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kompetensi ketrampilan berbicara bahasa arab mahasiswa PBA IPMAFA, 18 mahasiswa mendapatkan nilai HSS (hasil studi sementara) dengan skala penilaian sempurna dan 7 mahasiswa mendapatkan nilai dengan skala peniliain baik sekali. (2) Terdapat pengaruh strategi belajar bahasa terhadap kompetensi ketrampilan berbicara bahasa arab mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab di Institut Pesantren Matholi’ul Falah (IPMAFA) Pati adalah sebesar 24,2% dan saling berkorelasi positif, artinya semakin banyak strategi belajar yang digunakan maka akan semakin tinggi kompetensi kemampuan berbicara bahasa arab mahasiswa. Adapun 75,8% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti gender, kepribadian, kosakata dll

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar Bahasa, Kompetensi Ketrampilan Berbicara, Mahasiswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:54
Last Modified: 14 Jul 2023 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10545

Actions (login required)

View Item View Item