تطبيق تعليم الكتاب األصفر كمنهج المحتوى المحلى لدعم مهارة القراءة لدى طالب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة اإلسالمية قدسية للبنين السنة الدراسية 2022\2023 م

Syafi’i, Imam (2023) تطبيق تعليم الكتاب األصفر كمنهج المحتوى المحلى لدعم مهارة القراءة لدى طالب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة اإلسالمية قدسية للبنين السنة الدراسية 2022\2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (623kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (518kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB)

Abstract

Madrasah Qudsiyyah merupakan salah satu madrasah di kabupaten Kudus yang memiliki sebuah kekhasan dalam pendidikan agama. Madrasah Qudsiyyah terus berusaha untuk mempertahankan kurikulum lokal terutama kurikulum salafiyyah yang menggunakan kitab kuning yang meliputi mata pelajaran Nahwu, Shorof, Tafsir, Hadits, Fiqh Salaf, Fikih Praktik,Faroid, Mustholah Hadis, Falak, Ma’ani, Badi’, Bayan, Zej, ‘Arudl dan Administrasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan sistem pembelajaran kitab kuning di madrasah Qudsiyyah putra Kudus. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sistem pembelajaran kitab kuning Qudsiyyah putra Kudus. (3) untuk mengetahui solusi yang ditempuh dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan sistem pembelajaran kitab kuning di madrasah Qudsiyyah putra Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian di MTs Qudsiyyah putra di Kudus,. Informan utama adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, dan guru pelajaran shorof. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan: triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri atas: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Implementasi muatan local pembelajaran kitab kuning di Madrasah Qudsiyyah putra Kudusmeliputi (a) konsep pembelajarannya yaitu dengan metode-metode yang praktis simpel dan aplikatif. (b) pelaksanaannya dengan membacakan kalimat arabnya dan makna kalimat arabnya. (c) metode yang dipakai yaitu metode bandongan. (d) pengajarnya adalah lulusan dari madrasah qudsiyyah tersebut maupun lulusan dari pesantren dan dari perguruan tinggi. (2) Faktor penghambat dan pendukungnya. (a) faktor penghambatnya kurang dukungan dari orang tua dan terhambatnya waktu. (b) faktor pendukungnya antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran kitab kuning. (3) Solusi untuk mengatasi factor penghambat yaitu pembelajarannya terus dibenahi dan juga dari orang tua anak dapat dukungan untuk melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Muatan Lokal, Kitab Kuning
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:41
Last Modified: 24 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11833

Actions (login required)

View Item View Item