Muqoffi, Ahmad (2023) صعوبات تعليم القواعد النحوية بمدرسة قدسية المتوسطة الإسلامية قدس السنة الدراسية 2022-2023 م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-Kata Pengantar. pdf.pdf Download (846kB) |
|
Text
2. Abstrak. pdf.pdf Download (581kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (500kB) |
|
Text
4. BAB I. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II. pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV. pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB V. pdf.pdf Download (487kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf Download (792kB) |
Abstract
Kaidah Nahwu merupakan salah satu unsur Bahasa Arab yang didahulukan pengkajian dan pembelajarannya oleh para ahli Bahasa dibanding yang lainnya. Para santri beranggapan bahwa kaidah Nahwu merupakan suatu momok yang menakutkan, terlebih bagi para santi MTs. Qudsiyyah yang berangkat dari lulusan Sekolah Dasar kategori umum yang belum pernah sama sekali mempelajarinya. Adapun faktor-faktor kesulitan dalam pembelajaran Bahasa arab terbagi menjadi 3, yaitu; 1. Faktor Kebahasaan atau faktor linguistik 2. Faktor metode pembelajaran 3. Faktor lingkungan. Penilitian disini bertujuan sebagai berikut; 1. Untuk mengetahui kesulitan pembelajaran Nahwu di MTs. Qudsiyyah Kudus, 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Kesulitan dalam pembelajaran Nahwu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis fenomena yang sedang terjadi dan untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Adapu sumber data dai penelitian ini mencakup kepala madrasah, guru Bahasa Arab dan siswa, dengan pelaksanaan pada bulan Juli 2022. Tecikan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi data dan sumber rujukan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah; 1. Nahwu memiliki ta’rif yang beragam dan banyak santri yang merasa kesulitan untuk menghafal pun memahaminya, 2. Faktor kesulitan dari aspek kebahasaan atau linguistik ialah tidak adanya keserasian antara Kaidan Bahasa Indonesia dengan Kaidan Bahasa Arab, dan adapun faktor non linguistik yang peneliti temukan ialah beragamnya kemampuan dasar santri dalam mempelajari dan memahami kaidah-kaidah Nahwu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, Pembelajaran Bahasa Arab, Qowaid an-Nahwiyyah | ||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:26 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12079 |
Actions (login required)
View Item |