Nadliroh, Khoirotun (2023) تأثير لعبة الكلمات المتقاطعة اللغوية على إتقان المفردات العربية لدى الطلاب في الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية مفتاح الهدى جفارا للسنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (465kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (657kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (800kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (697kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (986kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (421kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (605kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuantitatif nonequivalent posttest-only control group design. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode soal test dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jepara. Cara pengampilan samplenya dengan teknik Non probability sampling. Dengan demikian jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 58 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan teka-teki silang dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan, karena salah satu unsur yang menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat. Penelitian ini menggunakan hasil analisis regresi linier dengan pengujian Hipotesis membandingkan nilai Sig dengan 0,05 diketahui nilai signifikasi (Sig.) Sebesar 0,000 lebih kecil dari (<) probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh” Permainan Teka-Teki Silang (X) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Y) Bagi siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dengan menggunakan bantuan SPSS diperoleh hasil presentase variabel permainan teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab sebesar 50,3% sedangkan 40,7% penguasaan kosakata bahasa Arab dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Teka-Teki Silang, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:16 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12102 |
Actions (login required)
View Item |