Al Mughni, Muhammad Syafiq (2023) مشكلات تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية تشويق الطلاب سلفية. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (425kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (361kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (413kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
Abstract
Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi dengan orang lain dan memiliki peran penting. Adapun masalah-masalah dalam proses pembelajaran itu adalah sebuah hal yang tentunya akan dihadapi siswa selama pembelajaran, seperti yang dibingungkan siswa madrasah MTs NU TBS Kudus ketika mempelajari tata Bahasa Arab (Qowaid), masih banyak siswa yang mengelukan sulitnya mempelajari Bahasa Arab dan bingung dalam mempraktekannya. Peneliti memilih masalah ini dan mengkaji penelitian ini dengan judul problematika dalam pembelajaran qowaid Bahasa Arab, adapun tujuan dari penyusunan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pembelajaran qowaid Bahasa Arab di MTs NU TBS Kudus. 2) Mengetahui problematika pembelajaran qowaid Bahasa Arab di MTs NU TBS Kudus. 3) Mengetahui solusi problematika pembelajaran qowaid Bahasa Arab di MTs NU TBS Kudus. Penulis mengambil pendekatan kualitatif sebagai salah satu metode untuk menganalisis fenomena yang sedang terjadi dan untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Penelitian ini mencakup kepala madrasah, guru Bahasa Arab dan siswa, dengan pelaksanaan pada bulan Agustus 2022. Tecikan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi data dan sumber rujukan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran qowaid Bahasa Arab, yang meliputi salam penggunaan oleh guru, berkesempatan untuk memecahkan teks berbahasa Arab, sejumlah pertanyaan dari guru tentang materi yang sulit dan memberi tugas tambahan, serta do’a sebagai penutup. 2) Problematika yang muncul dari pembelajaran qowaid Bahasa Arab ini terdiri dari linguistik, seperti kurangnya penguasaan kosakata dan bingung dalam penerapan; dan non-linguistik, seperti latar belakang siswa yang berbeda, minat dan motivasi yang lemah, pelaksanaan pembelajaran yang tidak maksimal, pengelolaan kelas yang kurang kondusif, dan alokasi waktu yang kurang. 3) Solusi, metode, dan upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran qowaid Bahasa Arab termasuk memberikan motivasi pada awal pendidikan, menggunakan metode dan media yang beragam, perencanaan dan evaluasi, membiasakan untuk membaca teks bahasa Arab, bertanya kepada guru, dan membuat kelompok belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, Qowaid Bahasa Arab, Pembelajaran Qowaid | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:07 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12260 |
Actions (login required)
View Item |