فعالية وسيلة مشاهدة الأفلام لترقية مهارة الاستماع باللغة العربية لدى الطلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية نهضة العلماء إبتداء الفلاح داوي قدس للسنة الدراسية 2023/2024 م

Jannah, Aysah Nurul (2024) فعالية وسيلة مشاهدة الأفلام لترقية مهارة الاستماع باللغة العربية لدى الطلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية نهضة العلماء إبتداء الفلاح داوي قدس للسنة الدراسية 2023/2024 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (583kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (696kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (832kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (931kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (581kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, khususnya dalam keterampilan menyimak Bahasa Arab. Jadi kita harus bisa menyesuaikan media yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menyimak Bahasa arab siswa, salah satunya dengan media Musyahadatul Aflam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan tingkat hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Kudus pada keterampilan menyimak sebelum dan setelah menerapkan media Musyahadatul Aflam. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan media mana yang lebih efektif, media Musyahadatul Aflam atau metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan design Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti memberikan perlakuan berupa media Musyahadatul Aflam pada kelas XI IPS 5 dan tanpa media tersebut pada kelas XI MIPA 1. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Kudus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampelnya sebanyak 59 siswa dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 5 dan XI MIPA 1. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan dokumentasi. Untuk mengetahui tingkat hasil belajar bahasa Arab siswa pada keterampilan menyimak, data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Dan untuk membandingkan media mana yang lebih efektif, data dianalisis mennggunakan uji N-gain score. Hasil analisis data dari uji independent sample t-test menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar bahasa Arab siswa pada keterampilan menyimak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 84.79 dan 69,55. Sementara hasil analisis data dari uji n-gain score menunjukkan bahwa penerapan media musyahadtul aflam cukup efektif ditinjau dari hasil belajar Bahasa Arab keterampilan menyimak siswa dengan nilai n-gain persen sebesar 58,52%, sedangkan metode konvensional tidak efektif ditinjau dari hasil belajar Bahasa Arab keterampilan menyimak siswa dengan nilai n-gain persen sebesar 24,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Musyahadatul Aflam, Keterampilan Menyimak
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2024 05:25
Last Modified: 12 Dec 2024 05:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item