Khamid, Nur (2023) تأثير استخدام الالعاب اللغوية في مهارة القراءة لطلاب الفصل الثالث مذاكرة في المعهد روضة المتعلمين بقدس للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf Download (693kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (612kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (749kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (611kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (725kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (384kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan bahwa pembelajaran bahasa arab di madrasah diniyyah mudzakaroh kelas 3 ponpers raudlatul mutaallimin masih tergolong tradisional, guru menjelaskan kemudian menerjemahkan bacaan dan ditulis didalam buku, tidak ada kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran. Permainan bahasa merupakan media yang efektif digunakan dalam mempelajari unsur bahasa arab dan keterampilanya. Oleh sebab itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar santri kelas III diniyyah di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin pada keterampilan membaca sebelum diberikan perlakuan media permainan bahasa (2) hasil belajar santri kelas III diniyyah di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin pada keterampilan membaca sesudah diberikan perlakuan media permainan bahasa (3) Pengaruh permainan bahasa terhadap keterampilan membaca santri kelas III diniyyah di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin Kudus. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain eksperimen one grup pre-test post-test, menggunakan sampel acak yaitu santri kelas III A dan B yang berjumlah 33 santri. Teknik pengumpulan data berupa tes(pretes dan postes). Untuk analisis data,menggunakan uji Independmaent Sample t test dan uji N Gain Score Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan tabel output independent sample t test, diketahui nilai sig. (2 tailed) adalah 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau penggunaan permainan bahasa memiliki efektivitas untuk meningkatkan keterampilan membaca. Adapun tingkat efektivitas penggunaan permainan bahasa yang meliputi siapa dia, kartu kata dan strip story terhadap qiroah ini berdasarkan hasil analisis skor N Gain adalah 0,41 yang menunjukkan bahwa penggunaan permainana bahasa termasuk kategori efektif sedang dalam pembelajaran bahasa arab untuk keterampilan membaca kelas tiga madrasah takmiliyyah mudzakaroh ponpes raudlatul mutaallimin Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektvitas, Permainan Bahasa, Keterampilan Membaca, | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:50 | ||||||
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13099 |
Actions (login required)
View Item |