استخدام طريقةSQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) في تعليم قراءة في المدرسة دار الهدى ملاغين رمبانج للسنة الدراسية 2022/2023 م

Diana, Sholihah Nur (2023) استخدام طريقةSQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) في تعليم قراءة في المدرسة دار الهدى ملاغين رمبانج للسنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (728kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) pada Pembelajaran Membaca Bahasa Arab di MA Darul Huda Mlagen Rembang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab di MA Darul Huda Mlagen Rembang, (2) Apa saja faktor pendukung dan enghambat penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab di MA Darul Huda Mlagen Rembang, Serta (3) Solusi apakah yang digunakan oleh Pendidik untuk mengatasi hambatan dalam Penggunaan Metode SQ3R dalam pembelajaran membaca bahasa arab MA DH Mlagen Rembang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu Pendekatan Kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu :(1) Sesungguhnya penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Darul Huda berdampak positif dalam kegiatan pembelajaran membaca dalam pelajaran Bahasa Arab siswa (2) Tahapan tahapan penggunaan metode SQ3R berjalan dengan baik dan urut sesuai dengan ketentuan. Serta (3) Pendidik memberikan solusi untuk mengatasi faktor penghambat penggunaan metode SQ3R di MA Darul Huda dengan cara : 1) Guru memberikan pemahaman secara mendalam mengenai metode SQ3R dalam tahapan-tahapannya. 2) Permasalahan dari Perbedaan latar belakang sedikit demi sedikit mampu dipecahkan dengan diterapkannya metode SQ3R . 3) Guru mengarahkan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, SQ3R
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:05
Last Modified: 10 Jan 2025 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13178

Actions (login required)

View Item View Item